Penerapan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains biologi siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Tajinan Malang / Ratih Kusuma Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains biologi siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Tajinan Malang / Ratih Kusuma Wardhani

Ratih Kusuma (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains biologi siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Tajinan Malang / Ratih Kusuma Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani Ratih Kusuma. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains Biologi Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Tajinan Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd (II) Dra. Murni Saptasari M.Si. Kata Kunci STAD kontekstual aktivitas hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 4 dan 21 Februari 2009 di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Tajinan Malang diketahui bahwa sebagian besar kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru. Sebanyak 90% siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran selain itu sebanyak 50% siswa belum tuntas hasil belajarnya. Penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya dengan penerapan pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan pendekatan kontekstual. Melalui penerapan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Tajinan Malang. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 4 Februari 6 Juni 2009. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan dalam PTK ini yaitu siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Tajinan Malang tahun ajaran 2008-2009 yang berjumlah 31 siswa terdiri 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini berupa keterlaksanaan pembelajaran kooperatif STAD yang diukur berdasarkan persentase aktivitas guru aktivitas belajar siswa yang diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan serta hasil belajar siswa yang diukur berdasarkan hasil tes setiap akhir siklus dan ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes lembar observasi aktivitas siswa dan guru dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Tajinan Malang. Rerata persentase keberhasilan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebanyak 29 76% dari siklus pembelajaran. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebanyak 30 00%. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains Biologi siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Tajinan Malang. Berdasarkan kekurangan dalam penelitian ini disarankan guru perlu menerapkan metode pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan kontekstual sebagai salah satu metode alternatif pembelajaran untuk mengurangi siswa yang bekerja sama pada waktu tes akhir siklus perlu adanya penambahan observer dan guru perlu tegas dalam menegur siswa yang ramai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25719

Actions (login required)

View Item View Item