Pengaruh spiritual intelligence dan emotional intelligence melalui kreativitas terhadap minat berwirausaha (studi pada siswa kelas XI MAN 1 Brebes) / Dina Asrina Fara Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh spiritual intelligence dan emotional intelligence melalui kreativitas terhadap minat berwirausaha (studi pada siswa kelas XI MAN 1 Brebes) / Dina Asrina Fara Aulia

Aulia, Dina Asrina Fara (2020) Pengaruh spiritual intelligence dan emotional intelligence melalui kreativitas terhadap minat berwirausaha (studi pada siswa kelas XI MAN 1 Brebes) / Dina Asrina Fara Aulia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Spiritual intelligence dan emotional intelligence merupakan hal yang penting untuk diukur pengaruhnya terhadap minat berwirausaha melalui variabel intervening kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi spiritual intelligence, emotional intelligence, kreativitas, dan minat berwirausaha, (2) Pengaruh langsung spiritual intelligence dan emotional intelligence melalui kreativitas terhadap minat berwirausaha, (3) Pengaruh tidak langsung spiritual intelligence dan emotional intelligence melalui kreativitas terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI MAN 1 Brebes. Penelitian ini merupakan riset yang menggunakan jenis deskriptif dengan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu spiritual intelligence (X1) dan emotional intelligence (X2) melalui variabel intervening kreativitas (Z) terhadap variabel terikat minat berwirausaha (Y). Populasi pada penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI MAN 1 Brebes tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 349 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 alternatif jawaban. Jenis skala pengukuran dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi data skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) kuesioner, (2) dokumentasi. Uji kelayakan instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis menggunakan data deskriptif, dan analisis jalur yang diterapkan dari analisis regresi linear berganda. Untuk mengetahui kelayakan model regresi dilakukan dua uji yaitu uji linearitas dan uji normalitas, kemudian dilanjutkan dengan analisis jalur. Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) spiritual intelligence dalam klasifikasi baik, (2) emotional intelligence dalam klasifikasi baik, (3) kreativitas dalam klasifikasi baik, (4) minat berwirausaha dalam klasifikasi baik, Penghitungan hubungan secara langsung pada analisis jalur menyatakan bahwa: (1) tidak ada pengaruh positif yang signifikan spiritual intelligence terhadap kreativitas, (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan emotional intelligence terhadap kreativitas, (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan kreativitas terhadap minat berwirausaha, (4) tidak ada pengaruh positif yang signifikan spiritual intelligence terhadap minat berwirausaha, (5) terdapat pengaruh positif yang signifikan emotional intelligence terhadap minat berwirausaha. Sedangkan hubungan tidak langsung menyatakan bahwa: (6) tidak ada pengaruh spiritual intelligence melalui kreativitas terhadap minat berwirausaha, (7) terdapat pengaruh emotional intelligence melalui kreativitas terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI MAN 1 Brebes. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) mahasiswa S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen melalui jurusan Manajemen dapat memberikan program-program yang inovatif untuk mengajak teman-teman S1 antusias dalam berwirausaha, (2) bagi peneliti selanjutnya, agar mampu; (a) mengembangkan penelitian variabel spiritual intelligence dan emotional intelligence pada objek penelitian yang lebih luas dan (b) mengembangkan penelitian terutama dalam melakukan penelitian tentang spiritual intelligence dan emotional intelligence dengan menggunakan variabel intervening yang lain. Variabel yang dapat memediasi spiritual intelligence dan emotional intelligence adalah perceived behavioural control, dan personal attitudes (Rodrigues, dkk 2019), proactivity (Zampetakis, dkk, 2009), peneliti terdahulu juga menyaran kan self efficacy, self-employed, lingkungan keluarga, dan lingkungan belajar/pergaulan. (3) bagi MAN 1 Brebes, diharapkan dapat menjadi pedoman bagi madrasah untuk mendukung dan mengembangkan keterampilan siswa dimana variabel emotional intelligence memiliki pengaruh terhadap kreativitas dan minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/255310

Actions (login required)

View Item View Item