Pengembangan Media Promosi Kearifan Lokal Melalui Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Promosi Kearifan Lokal Melalui Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar

Khotimah, Elok Rizki Khusnul (2020) Pengembangan Media Promosi Kearifan Lokal Melalui Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpustakaan umum merupakan salah satu lembaga yang memiliki fungsi dan tugas untuk melestarikan kearifan lokal. Bentuk pelestarian di perpustakaan umum dilakukan dengan serah simpan koleksi tercetak dan karya rekam yang berasal dari penerbit maupun individu. Akan tetapi keberadaan koleksi yang memuat kearifan lokal di perpustakaan umum kurang mendapat akses masyarakat. Salah satu solusi agar informasi dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat adalah dengan memanfaatkan media sosial. Salah satu media sosial yang efektif untuk menyebarkan nilai informasi kearifan lokal adalah Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media promosi kearifan lokal Kota Blitar berupa infografis yang disebarkan melalui Instagram. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan pada tahun 1974. Tahap-tahap pengembangan terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Responden pada penelitian ini adalah 30 orang masyarakat Blitar. Selain itu produk media promosi yang berupa infografis divalidasi oleh ahli media promosi, materi, dan praktisi lapangan (pustakawan). Hasil uji coba dan uji validitas menunjukkan hasil penilaian kelayakan produk oleh ahli media promosi mendapatkan kriteria “Sangat Valid”, ahli materi konten lokal Blitar memberikan skor dengan kriteria “Valid”, dan ahli praktisi (pustakawan) dengan kriteria “Sangat Valid”. Sedangkan uji coba dilakukan pada pengikut akun Instagram @kepoinblitar sekaligus masyarakat Blitar, menghasilkan penilaian produk dengan kriteria “Sangat Valid”. Selain penilain berupa skor, dari uji validitas yang dilakukan terdapat beberapa saran perbaikan produk. Berdasarkan uji coba dan uji validitas yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa produk media promosi konten lokal Blitar berupa inforgrafis layak digunakan dengan revisi. Saran terkait diseminasi produk untuk meningkatkan jangkaun infografis kearifan lokal Blitar dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan tagar atau hashtag serta melakukaan penjadwalan pegunggahan infografis pada waktu-waktu terbaik. Selain itu infografis yang dibuat belum mewakili seluruh informasi mengenai kekayaan lokal Blitar, sehingga kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk mengembangkan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > D3 Perpustakaan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:57
Last Modified: 10 Nov 2022 07:57
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item