Handayani, Ratri (2020) Multiple readability analyses of reading texts in erlangga straight point series' english for eleventh graders/ Ratri Handayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat keterbacaan teks Bahasa Inggris pada buku English Straight Point Series (ESPS) untuk kelas sebelas dengan memanfaatkan alat evaluasi ganda, yakni menggunakan dua formula keterbacaan (MEFLRI dan Coh-Metrix RDL2) dan penilaian professional dari guru terhadap teks bacaan. Kedua formula keterbacaan tersebut dipilih karena keduanya dikembangkan untuk mengukur keterbacaan teks pada teks Bahasa Inggris dari materi Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Keterbacaan berkaitan dengan level kemudahan dalam memahami suatu teks bacaan dan dapat dimanfaatkan sebagai kriteria dalam menyeleksi bacaan yang mudah dipahami berdasarkan kemampuan siswa, utamanya pada pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia. Formula keterbacaan adalah alat untuk mengukur tingkat keterbacaan. Penilaian professional guru adalah penilaian subyektif guru pada pemilihan bahan bacaan yang sesuai dengan level kemampuan siswa dengan memanfaatkan skala evaluasi bernama Friendly Text Evaluation Scale. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian diskriptif untuk menganalisa tingkat keterbacaan teks pada buku ESPS. Buku ini digunakan oleh sekolah swasta, MA Darul Ulum, Muncar, Banyuwangi. Penelitian ini menguji sembilan belas teks Bahasa Inggris yang terdapat dalam buku ESPS. Lima jenis teks yang terdiri dari Analytical Exposition, Explanation, Cause and Effect, Invention and Letter telah dianalisa. Dua orang guru Bahasa Inggris dilibatkan dalam penelitian ini dan berperan sebagai penguji keterbacaan dan juga memberikan penilaian subyektif pada teks terpilih dalam buku ESPS. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghitung tingkat keterbacaan teks menggunakan dua formula keterbacaan dan menganalisa pendapat guru yang telas mengisi Friendly Text Evauation Scale. Berdasarkan hasil dari Coh-Metrix RDL2, tingkat keterbacaan Sembilan belas teks dalam buku ESPS setara dengan level baca siswa kelas 8 dan 9. Namun, hasil MEFLRI menunjukkan bahwa keterbacaan teks sesuai dengan kelas 10 hingga 12. Kedua hasil penghitungan tingkat keterbacaan didapat berdsarkan teori dan seting nilai dari Coh-Metrix RDL2 dan MEFLRI. Sedangkan menurut penilaian professional dari dua guru Bahasa Inggris menunjukkan bahwa sembilan belas teks bacaan dalam buku ESPS cocok dan sesuai dengan tingkat keterbacaan siswa kelas 11 di MA Darul Ulum, Muncar, Banyuwangi. Dari hasil data analisis dapat disimpulkan bahwa kombinasi dari alat penghitung keterbacaan otomatis dan penilaian professional guru dibutuhkan untuk menentukan kelayakan dan kecocokan materi bacaan bagi siswa yang mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan kenapa metode evaluasi ganda dibutuhkan dalam mengukur tingkat keterbacaan. Peneliti-peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian lain yang berfokus pada factor-faktor yang mempengaruhi tingkat keterbacaan terhadap materi bacaan dengan memanfaatkan satu atau lebih banyak formula dan melibatkan penggunaan alat ukur otomatis maupun guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |