Penggunaan fenomena konflik kognitif untuk meningkatkan sikap belajar biologi dan penguasaan materi konsep indera mata di SMUN I Batu / oleh Dwi Edi Peni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan fenomena konflik kognitif untuk meningkatkan sikap belajar biologi dan penguasaan materi konsep indera mata di SMUN I Batu / oleh Dwi Edi Peni

Peni, Dwi Edi (2007) Penggunaan fenomena konflik kognitif untuk meningkatkan sikap belajar biologi dan penguasaan materi konsep indera mata di SMUN I Batu / oleh Dwi Edi Peni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penjurusand ilakukanp adaw aktu kenaikank elas3 SMU. Denganb elum adanyap enjurusanm aka semuam atap elajaranw ajib diikuti tidak terkecuali semuaa nakk elas2 SMU harusm enempuhp elajaranB iologi. Padahalb elurn tentus emuas iswam empunyaim inat padam atap elajaranB iologi karena diwalibkanm akap engajaranB iologi tetaph arusd iusahakanm enarika gars lswa mempunyarin inatt erhadapB iologi. Penggunaanb ennacams aranad alam pembelajaradne nganp enggunaanfe nornenak onfli k kognitif merupakans alah satua ltematifp emecahand alamm eningkatkanm inat belajarB iologi siswa. Penelitian I indakaKn elas (PTK) ini lrertuju anu ntuk mendeskripsikan prosesd an hasil penggunaanm odel pembelajarand enganf enomenak onflik kognitifdalamu payam eningkatkans ikapb elajard an penguasaamn aterik onsep inderam atad i SMU I Batu. PTK dilaksanakans elama2 siklus.S ubyekp enelitian adalahs iswak elasI Ia dan 116y ang diberikanp embelajarand enganf enomena konflik kognitifoleh penelitiy angb ertindaks ebagagi uru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat deskriptidf enganp endekataknu alitatif. feknikp engumpuladna Tanya tncnggunakuBnn ghctw awancurud ano bscrvasdi i kclasd ant cknika nalisisd ata menggunakaann alisisd eskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada peningkatan sikapb ela.jabr iologi denganr nenggunakafne nomenak onflik kognitif yangd apat dilihatd ari keantusiasadna n keaktifans isrvad i kelas.P enguasaamn aterijuga rnengalampi eningkatand ari siklus I ke siklusI l yang ditunjukkand ari (l) kenaikann ilai rata-ratak elasp re-testd ari 69 4m enjadi8 5 8d an nilai post-test dari8 3 2m enjad9i l t (2) ketuntasabne lajarp erorangapna das iklusI yaitu2 3 siswad anm eningkatp adas iklus II menjadi4 2 siswa Guru menanggapdi engan baik modelp embelajaranrn enggunakanfe nomenak onflik kognitif dan ingin menerapkannyap ada materi lain yang sesuai. Berdasarkanp enemuanp enelitian s arany ang perlu dikemukakanb agi guruu ntukm eningkatkans ikapb elajarB iologi dan penguasaakno nsepa dalah( I ) menerapkanm etodep ernbelajaranin i rnenggunakana lat-alaty ang ada di sekitar kita danl ebihh ervariatifp adam ateriy ang sesuai ( 2) menerapkanm etode pembelajarainn i padam ateriy ang sulit diamatis ecarala ngsungo leh sisrva ( 3) merancanrge ncanap entbelajarand enganr vaktus eefektifm ungkin

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25451

Actions (login required)

View Item View Item