Karakterisasi bakteri amilolitik yang diisolasi dari limbah cair tapioka / oleh Yuyun Andriani W.L. - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakterisasi bakteri amilolitik yang diisolasi dari limbah cair tapioka / oleh Yuyun Andriani W.L.

Andriani W.L, Yuyun (2007) Karakterisasi bakteri amilolitik yang diisolasi dari limbah cair tapioka / oleh Yuyun Andriani W.L. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Limbahc air tapiokab anyakm engandunzga t organik s alahs atud i antaranya adalahk arbohidratA. milum sebagasi alahs atum acamk arbohidradt apatd ihidrolisis oleh bakteri amilolitik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik bakteri amilolitiky angd iisolasid ari limbahc air tapiokad anu ntukm engetahupi erbedaan kemampuanm enghidrolisisa milum di antaram acam-macamb akteri amilolitik yang diteliti. Bakteri yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara mengisolasbi akteri yang ada di limbah cair tapiokay ang ada di DesaP ogalan KecamatanP ogalan K abupatenT renggalekd an ditemukan9 macamb akteri kemudiand iberik odeA B C D E F G H danL Di antarak esembilanm acam bakterti ersebute namm acamd i antaranyab ersifata milolitik berdasarkan pemeiiksaaanw al y aitub akteri-bakterdi engank odeA B C E G danI . Keenam T1 um bakteri yang bersifat amilolitik tersebut merupakan sampel dalam penelitian Iru. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Biologi FMIPA Universitas Negeri Malangp adab ulan Oklober sampaid enganD esember2 001.R ancanganp enelitian yangd igunakana dalahR ancanganA cak Lengkapd enganp erlakuanp adak eenam macam balderi yang dapat menghidrolisis amilum tersebut. Data yang diperoleh berupa diameter zona jemih hasil hidrolisis amilum dalam medium amilum agar (AA) yangd ilakukan oleh bakteri amilolitik. Pengambiland atad ilakukans ebanyak3 kali ulangan. Teknik analisis data hasil penelitian yang digunakan ialah analisis variansi klasifikasi tunggaly ang dilanjutkan denganu ji BNJ l% untuk mengetahuki emampuanm eighidrolisisa milumd i antaram acam-macamba kteria milolitik yangd iteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang menghidrolisis amilum mempunyaki arakleristiky ang berbeda-bedat e tapi termasukd alam 1 genusy ang sama yaitu Bacillus. Bakteri yang paling potensial dalam menghidrolisis amilum adalahb akteri dengank ode A dari 6 bakteri amilolitik yang ditelifF.B erdasarkanh asil penelitiand apatd isarankanu ntuk melakukanp enelitianl ebih lanjut untuk menentukan namas peciesd ari bakteri amilolitik yang sudahd iteliti dan perlu dilakukanp ula penelitianl ebih lanjut tentangp erbandingany ang tepat dan efeltifantara banyaknya dosisb iakan bakteri dan volume limbah cair tapioka s ehinggad idapatkanh asil yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25433

Actions (login required)

View Item View Item