Daya antifungal air dari sumber air panas Songgoriti terhadap isolat jamur kulit / oleh Dewi Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Daya antifungal air dari sumber air panas Songgoriti terhadap isolat jamur kulit / oleh Dewi Faizah

Faizah, Dewi (2007) Daya antifungal air dari sumber air panas Songgoriti terhadap isolat jamur kulit / oleh Dewi Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumber air panas Songgoriti sering didatangi oleh para wisatawan dengan tujuan untuk mengobatip enyakitk ulit dan rhematik k arenam engandunbge lerang E 664g l. lJntuk mengetahudi aya antifungala ir dari sumbera ir panasS onggoriti tersebutp erlu dilakukanp engujiand aya antifungalnyate rhadapi solat jamur kulit karena hasil isolat jamur kulit ini merupakan jamur yang bersifat patogen pada manusiay angd apatm enimbulkanp enyakitk urap. Panelitiani ni bertr rjuanu ntuk (l) mengetahujie nis jamur dari isolat jamur kulit (2) mengetahui daya antifungal air dari sumber air panas Songgoriti terhedap isolat jamur kulit (3) mengetahui konsentrasi air dari sumber air panas Songgoriti yange fektifsebagadi ayaa ntifungalt erhadapis olatjamurk ulit. Air yang digunakan dalam penelitian ini adalah air dari sumber air panas SonggoritKi ota Batu KabupatenM alangd alamb erbagaki onsentrasyi aitu 0% 10% 20% 3 0% 4 0% 5 0 % 600/o7 I Yo 80o/o9 0 o/od an I 00%. Penelitiani ni dilakukan di l aboratoriumM ikrobiologi JurusanB ioiogi FMIPA UniversitasN egeriM alang b ulan Mei sarnpadi organJ uli 2000.R ancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data yang diperolehb erupa identitikasi isolat jarnur kulit dan diameterp ertumbuhanis olat jamur kulit pada mediuntS aboroudD ekstrosaA gar (SDA). Untuk mengetahuai da lidaknyad ayaa ntifungala ir dari sunrbera ir panasS onggoritit erhadapis olatj amur kulit dianalisisd enganm enggunakanA nalisis Variasi Tunggal.t Jntuk mengetahui perbedaanh asil perlakuand igunakanu ji RedaN yata. Iujur( BNJ). Untuk mengetahui hubungan antara konsentrasi dengan pertumbuhan diameter digunakan uji Regresi. Flasil penelitian menunjukkan isolat jamur kulit adalah Tricfuryhyton mentagrophyted.ca n air dari sumbera ir panasS onggoritim emiliki dayaa ntifungal semakint inggi konsentrasai ir semakirrt inggi pula daya antifr.rngalnTAa.i r yang paling efektif menghambapt ertumbuhanis olatj amur kulit adalahk onsentrasli0 0oz o yang ditunjukkan dengan semakin urengecilnya perfumbuhan hifa jamur I r ichrsphyktnm en tu gx.tpltyt e s .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25392

Actions (login required)

View Item View Item