Penerapan PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) pada siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar dan tingkat penalaran siswa kelas I SLTPN 2 Mojokerto / oleh Wardatul Jamilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) pada siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar dan tingkat penalaran siswa kelas I SLTPN 2 Mojokerto / oleh Wardatul Jamilah

Jamilah, Wardatul (2007) Penerapan PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) pada siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar dan tingkat penalaran siswa kelas I SLTPN 2 Mojokerto / oleh Wardatul Jamilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Padap erkembangapne ndidikans aati ni garnbaranp erkembangapne nalaran siswam asihs angatm engecewakanM. eskipun perbaikanp elaksanaanp embelajaran IPAt elahb anyakd ilakukan t etapis ebagianb esarm asihb elumm emperhatikaunp aya peningkatapne nalarans ecarak husus.S aati ni telah ditemukans uatup embelajaran yang telah terbukti sangat membantu pcngembangan penalaran siswa yaitu pembelajaradne ngan pola PBMP (pemberdayaanB erpikir Melalui Pertanyaan). Untukm engtahupi restasib elajar sisway ang sesungguhny4m aka pembelajaranin i tentunyhaa rusd isertaid engana danya suafue valuasiy angd apatm engukurp enalaran siswas elain pengu tsaank onsep siswa. Pada penelitian ini selain menggunakan penilaianb enar salah juga digrrnakanr uhric karena dapat mengukurt ingkat penalarasnis was elainp enguas mko nsepA. kant etapik eberadaaPnB MPd ank edua jenisp enilaianin i masihb elumd iketahuki esesuaiannydae ngan3 jenis gayab elajar sisway aituv isual a uditoriald ank inestetikS. etiaps iswam empunyakie cenderungan yangk uatp adas alahs atug ayab elajar.K esesuaiaann tarag ayam engajadr engang aya belajayra ngd imiliki siswad apatm eningkatkapnr estasbi elajard ant ingkatp enalaran siswaD. emikianp ula apabilad iketahuki esesuaiapne mbelajaradne nganp olaP BMP dengasna lahs atug ayab elajars iswa t entunyaa kand iperolehh asily ango ptirnal. Tujuanp enelitianin i adalah( l) untukm engetahuai danyap erbedaapnr estasi belajabr iologi melaluip enilaianm enggunakarnu bric padas isway ang mempunyai gayab elajarv isual auditorial d an kinestetiks aat mengikutip embelajarayna ng dilaksanakadne ngans tategi PBMP (2) untuk megetahuai danyap erbedaanti ngkat penalarapna das isway angm empunyagi ayab elajarv isual a uditoriald ank inestetik saatm engikutip ernbelajarany ang dilaksanakand engans fiategi PBMP (3) untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar biologi melalui penilaian menggunakabne nar salah pada siswa yang mempunyai gaya belajar visual auditorial d an kinestetik saat mengikuti pembelajarany ang dilaksanakand engan stategPi BMP ( 4) untukm engetahuaid anyap erbedaapnr estasbi iologi antaray ang menggunakapne nilaiand enganr ubric dengn penilaiany angmenggunakabne nar salah. Penelitian ini termasuk penelitian exJ ost faclo atau kausal komparatif. Populasyia ng digunakana dalahs iswak elas I SLTPN 2 Mojokerto s arnpeyl ang digunakasne banyaska tuk elas. Pengelompokkasni swa berdasarkang aya belajarnyad ilakukan dengan pemberiaann gket yang dirujuk pada buku QuantumT -eachings e dangkand ata prestasbie lajard ant ingkatp enalarans iswac liperolehd ari skort esy angt elahd inilai mengggnakarna bric dan benar salah. Berdasarkanp erhitungana ngket diperoleh pengelompokgaany ab elajars isway aitu 15 siswa visual 14 siswaa uditorial 1 3 iiswak inestetikB. erdasarkaunj i hipotesisy ang dilakukand enganm eggunakaUn ji Ankovad enganc 0 05.P robabilitasy angd iperolehd ari keempaht ipotesisy aitu (l) 0 236 08330 801( 2 ) 0 089 0 6932 0 3(33)5 0 5870 914 0 281D.a rik etiga tt it uji hipotesisd iperolehP 0 05 sehinggam enerimaF Iod an menolakh ipotesis penelitianD. engand emikiand apatd isimpukany aitu (l) tidak adap erbedaanp restasi bela.labri otogi melalui penilaianm enggunakanru bric padas isway ang mempunyai gaya belajar visual auditorial dn kinestetik saat mengikuti pembelajaran yang ditaksanakadne ngans tategi PBMP (2) tidak adap erbedaantin gakatp enalaranp ada sisway angm empunyagi ayab elajar visual auditorial d an kinestetiks aatm engikuti pembelajarayna ng dilaksanakand engans trategi PBMP (3) tidak ada perbedaan prestasbie lajarb iologi melaluip enilaianm enggmakanb enars alahp adas isway ang mempunyagia yabelajavri sual a uditoriald n kinestetiks aatm engikutpi embelajaran yangd ilaksanakadne ngans trategPi BMP.U ntuku ji hipotesisk eempadt iperolehP - 0 007 0 0000 000 s ehinggad epatd isimpulkanu nhrkh ipotesis( 4) adap erbedaan prestasbi iologi antalay ang menggunakapne nilaiand enganr ubric denganp enilaian yangm enggunakabne nars alah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25339

Actions (login required)

View Item View Item