Pengaruh pola PBMP (pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) terhadap hasil tes belajar siswa yang memiliki latar belakang pendidikan ibu berbeda / oleh Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pola PBMP (pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) terhadap hasil tes belajar siswa yang memiliki latar belakang pendidikan ibu berbeda / oleh Gunawan

Gunawan (2007) Pengaruh pola PBMP (pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) terhadap hasil tes belajar siswa yang memiliki latar belakang pendidikan ibu berbeda / oleh Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pola PBMP (PemberdayaaBne rpikir Melalui Pertanyaana) dalahs uatup ola pembelajaran yang menggunakan lembar siswa yang berisi rangkaian/jalinan pertanyaany ang telah dirancangs ecarat ertulis yang format pembelajarannyab erisi kegiatans ediakan lakukank egiatand an renungkanr i ngkasan( pikirkan) e valuasi dan arahan.P enerapanp ola PBMP ini dimaksudkanu ntuk membentukp ola pikir keatif danp enalarans isway ango ptimal s ertah asilb elajary angl ebih baik dari pada strategip embelajaranko nvensionalM. eskipund emikianf aktor eksternal d alamh al ini perananp endidikanib u menentukanp rosesd an hasil belajars iswa.B erdasarkan hal tersebutm akap enelitianin i bertujuanu ntuk ( 1) mengetahupi engaruhp enerapan pola PBMP terhadaph asil belajar siswa (2) mengetahupi engaruhp endidikani bu terhadaph asil belajar siswa (3) mengetahuip engaruhi nteraksi penerapanp ola PBMPd enganti ngkatp endidikanib u terhadaph asilb elajars iswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas I SLTP Negeri 1 Madiun tahun ajaran 2001/2002 yang terdiri dari 280 sisway angt erbagid alam7 kelas.S ampepl enelitiand iambils ebanya2k kelas yang berjumlah 79 siswa. lnstrumen yang digunakan adalah lembar PBMP tes dokumend an rubrik sedangkanm ateriy ang dipilih adalahk onsepk eanekaragaman hewand ane kosistem. Analisish asil penelitianm enggunakaann alisisk ovarian.D ari hasil penelitian diperoleh (l) tidak ada pengaruh penerapan pola PBMP pada konsep keanekaragamahne wan dan ada pengaruhp enerapanp ola PBMP pada konsep ekosistem( 2 ) tidak ada pengaruhp endidikani bu terhadaph asil belajars iswa ( 3) tidak ada pengaruh interaksi penerapan pola PBMP dengan pendidikan ibu terhadap hasilb elajars iswa. Berdasarkanh asil penelitian ini dapat disarankana gar para guru dapat menerapkanp ola PBMP sebagaia ltematif pembelajarand i kelas karenat erbukti dapatm eningkatkanh asil belajars iswa.S elaini tu perlu dilakukanp enelitianl ebih lanjut mengenai peranan pendidikan ibu terhadap hasil belajar siswa. Serta perlu diadakanp engambiland ata orang tua (ibu) melalui angkets ehinggale bih banyak informasiy angd iperolehu ntuk dijadikanb ahanp ertimbangadna lamp enentuanh asil belaiasr iswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25325

Actions (login required)

View Item View Item