Avila, Shila (2017) Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Reading-Concept Map-Cooperative Script (REMAP-CS) dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Malang / Shila Avila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Avila Shila. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Cncept Map-Coperative Script (Remap-CS) dan Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Sisiwa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Susriyati Mahanal M. Pd. (2) Prof. Dr. Hj. Siti Zubadah M. Pd. Kata Kunci Remap-CS Gender Keterampilan Berpikir Kritis Hasil Belajar Kognitif Pada abad 21 ini Sumber Daya Manusia (SDM) idealnya mempunyai 4 kemampuan berpikir yaitu berpikir kritis kreatif kolaboratif dan komunikatif. Namun ironisnya walaupun abad 21 telah berjalan selama 1 dekade beberapa sekolah di Kota Malang masih kurang memberdayakan kecakapan hidup abad 21. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan berpikir yang dapat mendukung proses belajar siswa sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar kognitif yang baik. Terlepas dari kurangnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif terdapat permasalahan lain yang tidak teramati di dunia pendidikan yaitu gender. Menghadapi kenyataan tersebut diperlukan suatu upaya untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada siswa laki-laki dan perempuan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran berbasis Reading-Concept Map-Cooperative Script (Remap-CS). Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran berbasis Remap-CS terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa di SMA Negeri 2 Malang 2) pengaruh gender terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa di SMA Negeri 2 Malang 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis Remap-CS dengan gender terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa di SMA Negeri 2 Malang Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan pretest posttest nonequivalent group design. Variabel bebas adalah gender dan srategi pembelajaran. Variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Populasi penelitian ialah siswa kelas X di SMAN 2 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Data diambil pada saat pretest posttest. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0 05 (P 0 05) menggunakan data skor pretest posttest. Uii anakova dengan taraf signifikansi 0 05 (P 0 05) dilakukan menggunakan data selisih posttest dengan pretest. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji normalitas data dengan uji kormogolov-smirnov dan uji homogenitas data dengan Levene test. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh pembelajaran biologi berbasis Remap-CS terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada siswa 2) tidak ada pengaruh gender terhadap keterampilan berpikir kritisvii dan hasil belajar kognitif pada siswa 3) ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan gender terhadap keterampilan berpikir kirits namun tidak ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan gender terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25216 |
Actions (login required)
View Item |