Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan penguasaan konsep sistem pencernaan siswa kelas XI IPA MAN Malang 2 Kota Batu / Dianing Eka Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan penguasaan konsep sistem pencernaan siswa kelas XI IPA MAN Malang 2 Kota Batu / Dianing Eka Puspitasari

Puspitasari, Dianing Eka (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan penguasaan konsep sistem pencernaan siswa kelas XI IPA MAN Malang 2 Kota Batu / Dianing Eka Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puspitasari Dianing Eka. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI IPA MAN Malang 2 Kota Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd (II) Dra. Hj. Susilowati M.S. Kata kunci pengembangan multimedia sistem pencernaan pendekatan saintifik penguasaan konsep Perkembangan teknologi media pembelajaran yang terus meningkat mendorong terciptanya pembelajaran dengan menggunakan multimedia yang menggabungkan berbagai elemen media seperti video suara animasi teks dan gambar yang dikemas dalam satu wadah yang bersifat interaktif kreatif dan menyenangkan. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan proses seperti mengamati mengklasifikasi mengukur meramalkan menjelaskan dan menyimpulkan. Melalui penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik diharapkan dapat mempermudah proses belajar siswa salah satunya dalam meningkatkan penguasaan konsep. Hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap siswa kelas XI IPA 2 MAN Malang 2 ketika pembelajaran materi sistem pencernaan yang berlangsung diketahui bahwa pembelajaran dilakukan secara konvensional dengan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif. Kondisi siswa yang kurang aktif dapat dilihat ketika siswa jarang untuk bertanya mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Berdasarkan masalah yang timbul maka peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik pada siswa kelas XI IPA MAN 2 Malang Kota Batu yang dapat digunakan dalam pembelajaran biologi pada materi sistem pencernaan. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah modifikasi dari tahap-tahap yang dilakukan Borg dan Gall (1983) yang hanya menggunakan tahap 1-8 dari sepuluh tahap yang terdiri atas penyelidikan dan pengumpulan informasi (research and information collecting) perencanaan (planning) mengembangkan bentuk awal produk (develop preliminary form of product) validasi ahli (expert validation) revisi (revision) persiapan uji lapangan (preliminary field testing) revisi produk awal (main product revision) dan produk (product). Software yang digunakan untuk mengembangkan produk multimedia pembelajaran interaktif ini adalah Macromedia Flash Player 8. Tahap uji coba yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu validasi ahli (materi dan media) dan uji coba lapangan (siswa Kelas XI IPA MAN Malang 2 Kota Batu). Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah teknik angket dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa angket validasi materi dan media serta lembar observasi ketercapaian penguasaan konsep sistem pencernaan. Kesimpulan secara keseluruhan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik ini layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan penguasaan konsep sistem pencernaan pada siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisis data validasi ahli materi diperoleh prosentase pencapaian kelayakan produk sebesar 85 52% validasi ahli media 86 67% dan uji coba lapangan 76 60% yang berarti produk layak digunakan. Selain itu skor rata-rata siswa dalam meningkatkan penguasaan konsep adalah 91 yang berarti nilai melebihi KKM yaitu 75 dan meningkat dari nilai yang diperoleh sebelumnya yaitu 60.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24999

Actions (login required)

View Item View Item