Wulandari, Vindri Catur Putri (2014) Peneraqpan pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Malang / Vindri Catur Putri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wulandari Vindri Catur Putri. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Masjhudi M.Pd (II) Balqis S.Pd M.Si. Kata kunci praktikum keterampilan proses sains penguasaan konsep. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Malang menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 1 masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari nilai ulangan terakhir yaitu materi pencernaan hanya 57% atau 12 dari 21 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM mata pelajaran Biologi di SMA Muhamma-diyah 1 Malang adalah 75. Selain itu siswa juga kurang terlibat dalam penggunaan alat dan bahan saat praktikum sehingga menyebabkan keterampilan proses sains siswa kurang/rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 melalui penerapan pembelajaran yang berbasis praktikum. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dan Siklus II secara berturut-turut dilaksanakan sebanyak 4 kali dan 3 kali pertemuan. Data yang diambil dari penelitian ini adalah (1) data keterlaksanaan pembelajaran berbasis praktikum (2) data keterampilan proses sains (KPS) siswa yang dinilai melalui lembar observasi KPS dan (3) data penguasaan konsep yang diukur melalui rata-rata tes akhir siklus dan laporan praktikum. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum telah terlaksana dengan baik dari siklus I ke siklus II pada proses pembelajaran baik oleh guru maupun siswa. Keterampilan proses sains telah mengalami peningkatan pada setiap aspek. Keterampilan proses mengamati meningkat dari 92% menjadi 98% keterampilan meramalkan meningkat sebesar 87 5% menjadi 95% keterampilan proses menggunakan alat dan bahan meningkat sebesar 81 5% menjadi 98%. Keterampilan proses merencanakan praktikum meningkat dari 69 5% menjasi 98%. Keterampilan menafsirkan pengamatan meningkat sebesar 91 5 % menjadi 97%. Keterampilan proses melakukan komunikasi meningkat dari 70 5 menjadi 87% dan keterampilan proses mengajukan pertanyaan meningkat dari 67% menjadi 73%. Penguasaan konsep siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 71% pada siklus I dan menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Malang mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran berbasis praktikum. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggabungkan metode praktikum dengan model lain seperti inkuiri terbimbing dan problem posing yang dapat meningkat-kan keterampilan proses dan penguasan konsep sehingga siswa lebih mampu berfikir tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24988 |
Actions (login required)
View Item |