Yussanti, Hesti (2013) Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 8 Malang pada mata pelajaran biologi melalui model quantum teaching berbasis lesson study / Hesti Yussanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yussanti Hesti. 2013. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang pada Mata Pelajaran Biologi melalui Model Quantum Teaching Berbasis Lesson Study. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dra. Sunarmi M.Pd. Kata Kunci quantum teaching lesson study motivasi hasil belajar Motivasi yang kurang akibat penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif membuat siswa sulit meningkatkan hasil belajar terlebih lagi mindset siswa yang memandang Biologi sebagai pelajaran menghafal. Kelas XI IA 2 SMA Negeri 8 Malang merupakan kelas yang memiliki permasalahan tersebut. Model Quantum Teaching berbasis Lesson Study menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan mengubah mindset siswa sehingga hasil belajar dapat meningkat pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis Lesson Study. Selain itu juga untuk mengetahui keterlaksanaan dan respon siswa terhadap penerapan model tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data hasil motivasi diperoleh saat sebelum penelitian akhir siklus I dan akhir siklus II sedangkan data hasil belajar diperoleh saat awal dan akhir siklus untuk ranah kognitif dan saat pembelajaran untuk ranah afektif dan psikomotor. Data lain yang mendukung diperoleh saat pembelajaran berlangsung. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan empat kesimpulan adalah sebagai berikut. 1) Penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar sebesar 0 29. 2) Penerapan model Quantum Teaching berbasis LS dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif sebesar 10 81% ranah afektif sebesar 6 19% dan ranah psikomotor sebesar 15 19%. 3) Penerapan model Quantum Teaching berbasis LS terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 81 73% pada siklus I dan 94 73% pada siklus II. 4) siswa merasa puas terhadap penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis LS. Saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini yaitu model pembelajaran ini dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar selain itu fleksibilitas guru dan alokasi waktu sangat penting agar pembelajaran berjalan dengan baik karena model ini memerlukan waktu yang lama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24940 |
Actions (login required)
View Item |