Pengembangan bahan ajar berbasis WEB pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA SMAN 4 Malang / Septiana Annake - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis WEB pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA SMAN 4 Malang / Septiana Annake

Annake, Septiana (2013) Pengembangan bahan ajar berbasis WEB pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA SMAN 4 Malang / Septiana Annake. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Annake Septiana. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Materi Sistem Ekskresi Kelas XI IPA SMAN 4Malang. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Nuning Wulandari S.Si. M.Si. Kata Kunci bahan ajar web sistem ekskresi 12288 12288 12288 12288 Perkembangan teknologi informasi yang makin pesat pada era globalisasi saat ini secara berangsur-angsur mengubah aspek pendidikan. Perubahan yang terjadi mengubah sudut pandang mengenai sistem pembelajaran yang dulunya konvensional menjadi sistem pembelajaran modern. Pembelajaran yang berpusat pada guru sudah berubah menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik dituntut aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik juga dibebaskan dalam memperoleh sumber informasi atau bahan ajar tentang materi yang dipelajarinya. Salah satu sumber informasi atau bahan ajar adalah bahan ajar berbasis website. Permasalahan yang terjadi di SMAN 4 Malang adalah peserta didik masih sulit memahami materi mengenai sistem ekskresi. SMAN 4 Malang memiliki sarana yang mendukung pembelajaran website. Guru dan peserta didik juga memiliki kemampuan untuk mengakses internet. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan produk bahan ajar berbasis web pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA SMAN 4 Malang yang memenuhi kriteria kelayakan. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan bahan ajar berbasis web menggunakan model 4D menurut Thiagarajan S. Semmel D.S Semmel M.I (1974) yang meliputi empat tahap pengembangan yaitu define design develop dissiminate tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada 3 validator yaitu validator ahli materi validator ahli media dan validator praktisi lapangan. Uji coba kelompok kecil kepada 35 peserta didik kelas XI IPA di SMAN 4 Malang. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dari bulan April sampai bulan Mei 2013. Hasil penilaian angket validasi ahli materi ahli media praktisi lapangan berturut-turut memperoleh persentase skor sebesar 68% 86% 98% dan hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase skor sebesar 85%. Berdasarkan hasil angket validasi tersebut dapat dikatakan bahwa bahan ajar berbasis web materi sistem ekskresi layak digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar dalam pembelajaran Biologi kelas XI IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24934

Actions (login required)

View Item View Item