Penerapan pembelajaran kooperatif model problem based learning dipadu number head together melalui lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X-2 SMA Negeri 9 Malang / Eka Prihatini Sulistyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model problem based learning dipadu number head together melalui lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X-2 SMA Negeri 9 Malang / Eka Prihatini Sulistyo

Sulistyo, Eka Prihatini (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model problem based learning dipadu number head together melalui lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X-2 SMA Negeri 9 Malang / Eka Prihatini Sulistyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sulistyo Eka Prihatini. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning Dipadu Number Head Together melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 9 Malang. Skripsi Program Studi Pen-didikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Model Pembelajaran Number Head Together Lesson Study Berpikir Kritis Hasil Belajar. Pengalaman selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 9 Malang diketahui bahwa proses pem-belajaran cenderung bersifat teacher centered. Aktivitas siswa di dalam kelas umumnya hanya mencatat men-dengarkan mengerjakan soal-soal latihan LKS sedangkan aktivitas ber-tanya masih sangat jarang sampai tidak me-ngajukan per-tanyaan sama sekali. Kemampuan siswa dalam menanggapi atau menjawab pertanyaan dari guru sangat rendah. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture Teams Games Tournament dan Games Talking Stick selama PPL hanya memotivasi beberapa siswa untuk bertanya dan berpendapat dan kemampuan berpikir kritis masih rendah. Penelitian ini merupakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk me-ningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X-2 dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning dipadu Number Head Together melalui Lesson Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh guru meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 dengan persentase sebesar 2. Ke-terlaksanaan oleh siswa rata-rata meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 dengan persentase sebesar 3. Keterlaksanaan Lesson study yang meliputi keter-laksanaan plan pada siklus 1 ke siklus 2 stabil dengan persentase 100 keterlaksanaan do rata-rata meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 dengan persentase sebesar 1 1. Keter-laksanaan see dari siklus 1 ke siklus 2 stabil dengan persentase 100. Kemampuan berpikir kritis yang meliputi kecakapan membuat pertanyaan tingkat C6 dari siklus 1 ke siklus 2 me-ngalami peningkatan dengan persentase sebesar 13 dan kecakapan membuat pertanyaan tingkat C5 mengalami pe-ningkatan dengan persentase sebesar 7 sedangkan kecakapan membuat pertanyaan tingkat C4 konstan. Kecakapan men-jawab soal tes berpikir kritis dari siklus 1 ke siklus 2 kategori cukup kritis mengalami penurunan dengan persentase sebesar 2 5 dan kategori kritis juga mengalami penurunan 2 5. Per-sentase kategori sangat kritis meningkat sebesar 5 seiring dengan menurunnya kategori kecakapan cukup kritis dan kritis. Persentase hasil belajar kognitif dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebanyak 27 5. Persentase hasil belajar afektif siswa yang mendapatkan nilai A meningkat sebesar 22 5 nilai B mengalami penurunan yaitu sebesar 20 5 dan nilai C juga mengalami penurunan sebesar 2 5 dari siklus 1 ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat dipertimbangkan pada penelitian ini adalah model pem-belajaran Problem Based Learning dipadu Number Head Together membutuhkan alokasi waktu yang cukup lama sehingga guru harus mempersiapkan waktu yang cukup untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Number Head Together agar pembelajaran berlangsung dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24925

Actions (login required)

View Item View Item