Wijayanti, Erna (2013) Meta-analisis skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mahasiswa S1 Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang tahun 2010 / Erna Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wijayanti Erna. 2013. Meta-Analisis Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Tahun 2010. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata kunci Meta-analisis skripsi PTK mahasiswa Biologi 12288 12288 12288 12288 Pekerjaan guru merupakan pekerjaan yang profesional namun masih banyak yang meragukan keprofesionalan guru. Dharmaputra (2006) menyatakan bahwa kritik yang sering diungkapkan oleh masyarakat adalah lemahnya profesionalitas guru dalam bidangnya. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan keprofesionalan guru salah satunya dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK memiliki banyak manfaat khususnya bagi guru atau calon guru. Mahasiswa S1 khususnya program studi pendidikan sebagai calon guru sebaiknya juga memiliki pemahaman dan kecakapan dalam melakukan PTK sehingga ketika sudah mengajar dapat menerapkan PTK dengan baik dan benar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan database skripsi jurusan Biologi FMIPA UM tahun 2012 diketahui bahwa banyak skripsi mahasiswa berupa PTK namun masih belum ada penelitian yang menganalisis terhadap hasil-hasilnya. Oleh karena itu gambaran hasil PTK mahasiswa masih belum diketahui yang meliputi (1) gambaran permasalahan penelitian (2) upaya penanganan masalah (3) prosedur penelitian dan (4) hasil penelitian. Meta-analisis merupakan penelitian terhadap hasil-hasil penelitian sejenis. Meta-analisis terhadap PTK penting dilakukan karena hasil-hasil PTK telah berdampak terhadap peningkatan kualitas belajar dan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan studi dokumen yang dilakukan di Perpustakaan Pusat UM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh skripsi mahasiswa Biologi program studi S1 Pendidikan Biologi tahun 2010 yang berupa PTK. Sampel diambil menggunakan strategi sampel homogen (Gall 2003). Sampel yang digunakan adalah 16 skripsi berupa PTK yang menerapkan satu metode pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis kualitatif dengan menggunakan metode sintesis kualitatif Ogawa dan Malen dalam Gall (2003). Data berupa gambaran permasalahan penelitian upaya penanganan masalah prosedur penelitian serta hasil penelitian diperoleh menggunakan instrumen tabulasi data dan ringkasan hasil penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil-hasil PTK oleh mahasiswa jurusan Biologi FMIPA UM tahun 2010 yang meliputi (1) gambaran permasalahan penelitian (2) upaya penanganan masalah (3) prosedur penelitian dan (4) hasil penelitian. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gambaran permasalahan penelitian (a) permasalahan yang diangkat dalam skripsi PTK yaitu masalah penyampaian materi (37 5%) dan masalah pengelolaan kelas (62 5%) (b) masalah penelitian yang faktual dan strategis terdapat dalam 16 skripsi (100%) dan (c) masalah penelitian dialami sendiri oleh guru sebagai peneliti hanya terdapat dalam 1 skripsi (6 25%). (2) Upaya penanganan masalah (a) tindakan penanganan masalah yang dilakukan yaitu menggunakan strategi kooperatif (75%) (b) jenis masalah yang sering ditanggulangi adalah masalah motivasi dan hasil belajar siswa (56 25%) dan (c) terdapat 10 skripsi PTK (62 5%) di mana tindakan penanganan masalah sesuai dengan jenis masalah yang ditanggulangi. (3) Prosedur penelitian (a) 16 skripsi PTK (100%) sudah mengikuti fase-fase yang ada dalam PTK (b) 16 skripsi PTK (100%) sudah menuliskan refleksi dari tindakan dan observasi yang dilakukan dan (c) 16 skripsi PTK (100%) kurang sesuai antar kerangka penelitiannya. (4) Hasil penelitian (a) hasil penelitian yang sering dibahas yaitu peningkatan atau perbaikan oleh siswa saja (50%) dan peningkatan atau perbaikan oleh siswa dan guru (50%) dan (b) terdapat 15 skripsi PTK (93 75%) menyimpulkan bahwa tindakan yang dilakukan oleh peneliti dapat menanggulangi masalah penelitian. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan PTK sebaiknya (1) Perlu mempertahankan aspek-aspek PTK seperti pelaksanaan PTK disesuaikan dengan fase-fase PTK dan melaporkan hasil refleksi dalam setiap siklus PTK. (2) Perlu meningkatkan atau memperbaiki aspek-aspek PTK seperti (a) masalah PTK sebaiknya dialami sendiri oleh peneliti sebagai calon guru (b) Penanggulangan masalah PTK tidak hanya menggunakan strategi pembelajaran kooperatif saja namun juga menerapkan strategi pembelajaran lainnya misalnya strategi pembelajaran Inkuiri strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran yang berorientasi pada siswa (c) tidak hanya menanggulangi masalah yang berkutat pada siswa yaitu motivasi dan hasil belajar. Namun juga menanggulangi masalah lainnya misalnya seperti kemampuan berpikir ktitis metakognisi dan daya ingat jangka panjang. (d) pembahasan hasil PTK juga membahas perbaikan atau peningkatan pembelajaran oleh guru sehingga dapat digunakan sebagai lesson learnt bagi calon guru itu sendiri khususnya dan para pembaca pada umumnya. (3) Kesimpulan PTK perlu dikemukakan beberapa hal seperti (a) menyimpulkan tentang bagaimana proses tindakan yang dilakukan guru sebagai peneliti dalam PTK (variabel bebas) (b) kesulitan apa yang dialami ketika menerapkan metode pembelajaran yang digunakan dan (c) masalah baru yang muncul setelah dilakukan tindakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24920 |
Actions (login required)
View Item |