Agustina, Henyta (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Batu kelas XI / Henyta Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Agustina Henyta. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu dengan Inkuiri Terbimbing melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Ne geri 1 Batu Kelas XI. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si. Kata Kunci pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together inkuiri terbimbing Lesson Study motivasi hasil belajar Pembelajaran Biologi di kelas XI IPA 2 SMA1 Batu me nunjukkan bahwa siswa lebih banyak menerima penjelasan materi (cera m ah) de ngan dipadukan me-lalui kegia t an mengerjakan LKS secara individu da lam proses pembelajaran. Hal ini membuat siswa merasa bosan dan mo tivasinya rendah da lam mengikuti pe la-jaran. Hal ini terlihat dari beberapa in dikator yaitu kurangnya keter tarikan siswa terhadap pelajaran hanya sedikit sis wa yang mendengarkan penjelasan gu ru ber-tanya dan menjawab pertanyaan dari guru sehingga kurang terlibat mak si mal da-lam pembelajaran adanya beberapa siswa yang tertidur dan menyan dar kan kepa la-nya di meja saat guru menjelaskan pelajaran ada beberapa siswa yang ha nya diam atau melamun siswa masih kesulitan jika guru me nanyakan ke ter kaitan ma teri dengan kehidupan sehari-hari. Rendahnya motivasi itu disebab kan kecen de rungan pola pembela jaran yang masih belum berpusat ke pada siswa (teacher centre) dan ke cen derung an untuk mengerjakan LKS secara individu yang terjadi hampir setiap kali perte muan sehingga siswa memiliki mo tivasi yang ren dah. Mo ti vasi belajar sangat penting untuk siswa karena motivasi belajar yang rendah ini berdam pak pada hasil belajar siswa. Mengacu pada pembelajaran konstruktivisme dan Peraturan Menteri Pen-didikan Nasional solusi yang paling tepat adalah memadukan model pembe laja r an Numbered Heads Together (NHT) dan inkuiri terbimbing melalui Lesson Study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Hal itu disebabkan IPA merupa kan wahana untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang sebaiknya diarahkan secara inkuiri (scientific inquiry). Lesson Study merupakan upaya peningkatan pem belajaran yang dilaku kan secara kolaboratif melalui tahapan plan do see. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu inkuiri terbimbing melalui Lesson Study di SMAN 1 Batu. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian ini berupa lembar keterlaksanaan Lesson Study lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran lembar observasi mo ti-vasi angket motivasi lembar observasi psikomotor dan tes akhir siklus. Ana li sis data yang digunakan adalah mengelompokkan data memaparkan dan mena rik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar Biologi setelah dilakukan tindakan. Sebelum tindakan rata-rata motivasi siswa ku-rang. Setelah diberi tindakan terdapat peningkatan attention sebesar 13 98%. Peningkatan relevance sebesar 18 03%. Peningkatan confidence sebesar 19 82% dan satisfaction sebesar 24 86%. Peningkatan tersebut berdasarkan lembar obser-vasi motivasi. Berdasarkan angket motivasi terdapat peningkatan attention sebe sar 22 78% peningkatan relevance sebesar 16 41% peningkatan confidence se be sar 20 12% dan satisfaction sebesar 15 81%. Pada siklus I persentase ketun tas an klasikal hasil belajar kognitif adalah 65 52%. Kemudian pada siklus II persen tase ketuntasan klasikalnya mencapai 93 10%. Berdasarkan data tersebut dapat di-katakan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kognitif dari siklus I ke siklus II sebesar 27 58%. Persentase hasil belajar psikomotor pada siklus I adalah 76 01% sedangkan pada siklus II sebesar 89 08%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pe ning -katan psikomotor sebesar 13 07%. Hasil ini membuktikan bahwa dengan menerapkan perpaduan pembela ja ran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dipadu dengan inkuiri ter bim bing melalui Lesson Study dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Batu. Untuk para guru atau calon guru disarankan untuk me ne-rapkan perpaduan antara pembelajaran kooperatif NHT dengan inkuiri terbim bing melalui Lesson Study karena metode tersebut mampu mengatasi per masa lah an motivasi dan hasil belajar siswa. Solusi untuk lamanya alokasi waktu pada saat pemanggilan nomor adalah dengan memilih siswa yang memiliki jawa ban yang berbeda. Solusi untuk siswa yang kesulitan merumuskan masalah adalah mem-biasa kan pembelajaran inkuiri dan membimbing siswa. Metode da lam penelitian ini tetap sehingga untuk mengurangi kebosanan pada siswa dapat diatasi dengan membuat media pembelajaran yang kreatif kegiatan pembelajaran yang inovatif dan penggantian kelompok belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24894 |
Actions (login required)
View Item |