A'yuni, Zeni Qurotu (2013) Implementasi lesson study untuk meningkatkan kemampuan mengelola kelas oleh guru model mahasiswa pendidikan biologi dan hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Malang / Zeni Qurotu A'yuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
A yuni Zeni Qurotu. 2013. Implementasi Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Kelas oleh Guru Model Mahasiswa Pendidikan Biologi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Drs. H. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata kunci lesson study kemampuan mengelola kelas hasil belajar Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan hakikat belajar biologi yaitu dengan menekankan pemberian pengalaman langsung pada proses pembelajaran. Rancangan proses pembelajaran biologi melalui pemberian pengalaman langsung dapat diwujudkan dengan pengelolaan kelas yang berorientasi pada siswa. Hal ini dimaksudkan guru harus merancang kegiatan yang memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan menerapkan hal-hal yang telah dipelajarinya. Permasalahan yang ditemukan saat pelaksanaan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) yaitu rendahnya kemampuan mengelola kelas yang berakibat terhadap rendahnya interaksi antara guru dan siswa di kelas sehingga siswa tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirancang. Pada suatu proses pembelajaran interaksi guru dan siswa akan menunjang kegiatan belajar siswa. Lesson study sebagai sebuah terciptanya pembelajaran yang kolaboratif memungkinkan mahasiswa calon guru dapat belajar dari pengalaman orang lain untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan keterlaksanaan lesson study kemampuan mengelola kelas melalui implementasi lesson study serta hubungannya dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dengan pendekatan kualitatif-deskriptif yang dilaksanakan dalam 8 siklus. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Februari s.d Maret 2013 dengan subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Malang sebagai guru model. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan lesson study lembar penilaian kemampuan mengelola kelas dan soal tes kognitif untuk siswa. Data pada penelitian ini yaitu keterlaksanaan lesson study kemampuan mengelola kelas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan implementasi lesson study dari tahap plan do dan see mengalami peningkatan dari lesson study I sampai IV dengan rata-rata keterlaksanaan 99% dengan kategori sangat terlaksana. Kemampuan mengelola kelas oleh guru model mahasiswa pendidikan biologi melalui implementasi lesson study memperoleh skor rata-rata sebesar 83% pada kategori baik. Perkembangan kemampuan mengelola kelas oleh guru model mahasiswa pendidikan biologi melalui implementasi lesson study dalam hubungannya dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Penerapan lesson study dapat dilaksanakan oleh mahasiswa saat pelaksanaan PPL agar dapat mengembangkan kemampuan dasar mengajarnya selain itu guru baru bersama guru senior agar kualitas pembelajaran meningkat melalui kegiatan lesson study.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24884 |
Actions (login required)
View Item |