Nurwaqidah, Siti (2013) Pengaruh pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments bermedia CD pembelajaran terhadap keterampilan kooperatif, motivasi, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Turen / Siti Nurwaqidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran kooperatif TGT CD pembelajaran keterampilan kooperatif motivasi hasil belajar kognitif hasil belajar afektif. Metode pembelajaran yang menarik memiliki peranan penting bagi terciptanya tujuan pembelajaran yang lebih bermakna. Metode pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan proses pembelajaran terhadap mata pelajaran IPA khususnya biologi. Untuk meningkatkan proses pembelajaran dibutuhkan suatu metode yang dapat dipadukan dengan media pembelajaran. Media yang ditawarkan adalah CD pembelajaran yang dipadukan dengan pembelajaran kooperatif TGT. Pembelajaran kooperatif TGT merupakan suatu pembelajaran yang terdiri atas pembentukan kelompok permainan dan pertandingan akademik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif TGT dipadukan dengan CD pembelajaran terhadap keterampilan kooperatif motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia dan sistem pertahanan tubuh. Rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pre test-pos test nonequivalent group design yang dilakukan pada kelas XI-AI sebagai kelas ekperimen dan XI-A3 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Turen. Kelas ekperimen diberi pembelajaran kooperatif TGT bermedia CD pembelajaran dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data keterampilan kooperatif motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik Anakova (Analisis Kovarian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan keterampilan kooperatif yang signifikan hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0 007 dengan kenaikan sebesar 4 61% 2) terdapat perbedaan motivasi belajar yang tidak signifikan hal ini ditunjukkan dari nilai probabilitas 0 868 dengan kenaikan sebesar 1 61% 3) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0 000 dengan kenaikan sebesar 100 1% dan 4) terdapat perbedaan hasil belajar afektif yang tidak signifikan hal ini ditunjukkan dari nilai probabilitas 0 906 dengan kenaikan sebesar 3 46%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24881 |
Actions (login required)
View Item |