Ardian, Muhammad (2013) Kajian perangkat pembelajaran guru biologi kelas X di SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2011/2012 berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) / Muhammad Ardian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Perangkat Pembelajaran guru Biologi SMA Kelas X Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Implementasi KTSP sudah berlangsung dan berjalan hampir 5 tahun namun masih saja banyak guru yang belum memahami KTSP sehingga apabila ditinjau dari keterlaksanaan kurikulum KTSP di sekolah masih perlu dilakukan evaluasi. Salah satu cara untuk mengetahui pemahaman guru tentang KTSP dapat dilihat melalui perangkat pembelajaran yang disusun-nya. Perangkat pembelajaran yang disusun guru merupakan cerminan dari apa saja yang dipahami guru mengenai KTSP. Berdasarkan hasil wawancara guru Biologi SMA Negeri 1 Lawang dalam rangka implementasi KTSP guru sudah mengem-bangkan KTSP dalam bentuk perangkat pembelajaran hanya saja perlu ditelaah apakah perangkat pembelajaran yang dibuat tersebut memang benar-benar telah mengacu pada standar yang ada pada KTSP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian perangkat pembelajaran guru Biologi SMA Negeri 1 Lawang kelas X dengan standar yang diberikan KTSP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pen-dekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Lawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan pengecekan kelengkapan dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah dokumen perangkat pembelajaran kelas X yang dibuat oleh guru Biologi SMA Negeri 1 Lawang. Sampel yang digunakan adalah seluruh perangkat pembe-lajaran kelas X yang disusun oleh guru biologi SMA Negeri 1 Lawang atau yang terdokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rubrik Penilaian yang jenisnya disesuaikan dengan berbagai perangkat pembelajaran guru biologi. Analisis data berdasarkan Mukti (2006) yaitu dilakukan dengan menggunakan kriteria penilaian kesesuaian persentase hasil analisis . Kesimpulan yang di dapat dari hasil penelitian ini adalah (1) Perangkat pembelajaran Kelas X yang dibuat oleh guru biologi antara lain kalender pendidikan prota promes silabus RPP beberapa macam instrumen penilaian serta kisi-kisi soal UAS semester genap . (2) Hasil pengkajian dari perangkat pembelajaran kelas X yang dibuat oleh guru Biologi berdasarkan KTSP untuk silabus RPP dan kisi-kisi soal masih tergolong baik dan untuk remidial dan pengayaan tergolong cukup baik tetapi masih butuh perbaikan. Sedangkan Instrumen penilaian yang dibuat guru biologi antara lain Tes tulis (paper and pencil test) Pengamatan (observasi) Penugasan Presentasi dan diskusi serta Tes buatan siswa atau Produk (hasil karya).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24876 |
Actions (login required)
View Item |