Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu dengan tema peredaran sari makanan untuk siswa kelas VIII SMP Internasional Laboratorium Universitas Negeri Malang / Silvia Nur Imamiasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu dengan tema peredaran sari makanan untuk siswa kelas VIII SMP Internasional Laboratorium Universitas Negeri Malang / Silvia Nur Imamiasih

Imamiasih, Silvia Nur (2013) Pengembangan modul pembelajaran IPA terpadu dengan tema peredaran sari makanan untuk siswa kelas VIII SMP Internasional Laboratorium Universitas Negeri Malang / Silvia Nur Imamiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan Ajar Modul Pembelajaran IPA Terpadu Bahan ajar berupa modul pembelajaran IPA terpadu membantusiswaSecondary International LaboratorySchoolUniversity of Malangkelas VIII dalammempelajariprinsip konsep dan proses pada materisistempencernaan dan sistemperedaran darah. Kedua sistem dalam tubuh manusia tersebut disajikan secara lebih bermakna dalam tema peredaran sari makanan.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanmodul pembelajaran IPA terpadu untuk siswa kelas VIII. PenelitianinitermasukpenelitianResearchandDevelopmentdenganmenggunakanmodifikasi modelpengembangan 4-D Thiagarajan dkk. Data kuantitatifberupaskorangketpenilaiandarivalidator skorangketpenilaiansikapsiswa dan nilaiworksheet siswa data kualitatifberupasaran dan komentardarivalidator dan siswa sebagai pengguna modul. Instrumentpengumpulan data yang digunakanadalahangketvalidasiproduk lembarkegiatan siswa dan angketsikapsiswa. Uji coba dilakukankepadasiswakelas VIII regulerSecondary International LaboratorySchoolUniversity of Malangyang berjumlah6orang. Hasilvalidasiprodukmenunjukkankriteriavaliddarisegipendidikan dan penerapan lapangandenganskor88 31% untuk modul guru dan skor 85 98% untuk modul siswa begitu pula darisegimaterimenunjukkan kriteria yang valid denganskor100%. Berdasarkan data uji coba reratanilaikognitifsiswa secara klasikaladalah83 88 reratanilaihasilbelajarafektifsiswa secara klasikaladalah74 28 dengan kriteria A (sangat baik) dan reratahasilbelajarpsikomotor siswa secara klasikaladalah87 50. Pembelajarandenganmenggunakanmodul pembelajaran IPA terpaduterbuktidapatmengefisiensikanwaktupembelajaran dan membuat pembelajaran lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24872

Actions (login required)

View Item View Item