Astiwi, Frilia Windy (2012) Pengembangan modul pembelajaran elektronik berbasis multimedia pada mata pelajaran biologi materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa SMP / Frilia Windy Astiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci modul pembelajaran elektronik sistem peredaran darah pada manusia autoplay Perkembangan teknologi di abad 20 ini juga mengalami perkembangan yang pesat yang mengubah penyusunan media dengan menggunakan mesin cetak diubah menjadi media digital. Salah satu penyajian bahan belajar dalam format digital atau elektronik bisa dalam bentuk e-book. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk menyusun modul pembelajaran elektronik materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa SMP. Penelitian pengembangan ini memodifikasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Sukmadinata 2009 seperti berikut (1) Studi pendahuluan (studi kepustakaan dan survei lapangan) (2) Pengembangan Produk (penyusunan draft awal produk validasi produk revisi produk dan uji coba terbatas). Hasil penelitian pengembangan berupa Modul Pembelajaran Elektronik yang dikemas dalam bentuk CD (terlampir disampul belakang). Kelayakan pada produk ini didasarkan dari hasil uji coba produk yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian dilakukan uji coba kelompok kecil dengan 3 audien dan uji coba lapangan dengan 21 audien. Ahli media adalah orang yang berpengalaman dalam multimedia komputer ahli materi adalah orang yang berpengalaman dalam bidang biologi sedangkan audien adalah siswa SMP Negeri 2 Malang kelas VII/I. Penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis data persentase. Modul pembelajaran elektronik materi sistem peredaran darah pada manusia yang telah divalidasi layak digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran biologi di sekolah. Didukung oleh hasil validasi dari ahli media dengan rata-rata persentase sebesar 94 7% ahli materi memberikan nilai rata-rata sebesar 97 8% sedangkan hasil dari uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan sebesar 88 2% dan 86 1%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24859 |
Actions (login required)
View Item |