Penerapan metode inkuiri terbimbing untk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari / Maratusy Syahadatud Dinnurriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri terbimbing untk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari / Maratusy Syahadatud Dinnurriya

Dinnurriya, Maratusy Syahadatud (2012) Penerapan metode inkuiri terbimbing untk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari / Maratusy Syahadatud Dinnurriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode inkuiri terbimbing keterampilan proses sains dan hasil belajar. Dalam proses belajar siswa diharapkan dapat aktif melakukan proses belajar agar dapat membangun konsepnya sendiri sesuai dengan tuntutan pada Permendiknas No. 22 dan 23 tahun 2006. Namun berdasarkan fakta yang ditemukan dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di MTs Almaarif 01 Singosari pada tanggal 7 Desember 2012 sampai 24 Desember 2012 terdapat kesenjangan antara fakta dan harapan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan praktikum jarang dilaksanakan karena keterbatasan sarana dan prasarana laboratorium pada umumnya siswa masih kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran KKM klasikal siswa belum tercapai dan metode yang digunakan adalah ceramah yang didominasi oleh guru. Untuk mengatasi kesenjangan antara fakta dan harapan maka dilakukan penelitian yang memiliki tujuan yaitu (1) mendeskripsikan cara penerapan metode inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari dengan penerapan metode inkuiri terbimbing (2) mendeskripsikan dampak penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap meningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode inkuiri terbimbing yang merupakan suatu metode yang dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran karena siswa dilatih untuk membangun pengetahuannya sendiri dengan mengalami proses pencarian secara langsung. Dengan demikian diharapkan dapat membuat siswa lebih memahami segala sesuatu yang dipelajarinya dan dapat membekas lebih dalam. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama tiga siklus. Tahapan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan meliputi perencanaan pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Subyek dan kancah penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Almaarif 01 Singosari yang terletak di Jalan Masjid No.33 Singosari Malang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode inkuiri yang dilakukan secara berkelanjutan dengan memperhatikan kekurangan dan kelebihan yang didapatkan dari hasil refleksi setiap siklus sehingga dapat diambil tindakan alternatif sebagai perbaikan pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar mulai dari siklus I hingga siklus III seperti berikut. 1. Keterampilan proses sains pada siklus I hanya sebesar 36 76% kemudian pada siklus II menjadi sebesar 68 91% dan pada siklus III meningkat sebesar 85 71%. 2. Hasil belajar kognitif siswa sebelum diberi tindakan ketuntasan belajar siswa dalam ranah kognitif hanya sebesar 33%. Setelah diberi tindakan diperoleh jumlah siswa yang tuntas secara klasikal pada siklus I sebesar 67 65% pada siklus sebesar 69 70% dan pada siklus III sebesar 81 82%. 3. Hasil belajar afektif diperoleh adanya peningkatan pada siklus I sebesar 91 18% pada siklus II sebesar 100% dan siklus III sebesar 100%. 4. Hasil belajar psikomotor siswa diperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 2 94% pada siklus II sebesar 91 18% sedangkan pada siklus III sebesar 100%. Berdasarkan paparan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing yang dilakukan dalam tiga siklus mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah pemberian bimbingan pada setiap tahapnya dan pengawasan siswa sangat dibutuhkan terutama jika metode inkuiri ini baru pertama kali dilakukan. Siswa dapat dibimbing secara bersama-sama dalam melakukan tahapan inkuiri. Hal tersebut berguna agar tahapan inkuiri dapat terlaksana seluruhnya dan kegiatan berlangsung lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24843

Actions (login required)

View Item View Item