Pengembangan metode tutor sebaya terbimbing pada layanan pembelajaran remidial (Remedial Teaching pada mata pelajaran Biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutojayan, Blitar, Jawa Timur) / Nike Nuriansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan metode tutor sebaya terbimbing pada layanan pembelajaran remidial (Remedial Teaching pada mata pelajaran Biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutojayan, Blitar, Jawa Timur) / Nike Nuriansari

Nuriansari, Nike (2012) Pengembangan metode tutor sebaya terbimbing pada layanan pembelajaran remidial (Remedial Teaching pada mata pelajaran Biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutojayan, Blitar, Jawa Timur) / Nike Nuriansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Tutor Sebaya Terbimbing Pembelajaran Remedial (Remedial Teaching) Remedial Teaching adalah suatu usaha untuk membetulkan dan menyembuhkan anak-anak yang mengalami kegagalan atau kesulitan belajar. Tujuan utama remedial teaching adalah pembetulan atau penyembuhan anak-anak yang menderita kesulitan-kesulitan belajar. Kelebihan penggunaan metode tutor sebaya adalah tidak ada persaingan antar siswa atau kelompok karena mereka bekerjasama untuk menyelesaikan masalah dalam mengatasi cara berpikir yang berbeda. Alasan lain perlu diterapkannya metode ini karena dalam pelaksanaannya mampu menciptakan ruang psikologis yang nyaman bagi setiap anggota yang ada di dalamnya. Pada materi sistem pencernaan manusia terdapat 51% siswa yang mengalami remidi sedangkan pada materi sistem pernapasan manusia terdapat 58% siswa yang mengalami remidi. Oleh karena itu pengembang melakukan penelitian pengembangan metode pembelajaran tutor sebaya terbimbing pada layanan pembelajaran remedial (remedial teaching). Pengembangan metode yang dilakukan mengikuti model konseptual yang direkomendasikan oleh Thiagarajan yang disebut model 4D dengan langkahlangkah (1) Define (pendefinisian) (2) Design (perancangan) (3) Develop (Pengembangan) dan (4) Disseminate (Penyebaran). Pada pelaksanaan penelitian pengembangan ini hanya dilakukan 3 tahap saja yaitu Define Design dan Develop Tahap Disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu tenaga dan biaya. Produk akhir dari penelitian pengembangan ini adalah panduan pelaksanaan pembelajaran remedial (remedial teaching) dengan tutor sebaya. Pengukuran metode dilakukan melalui tahap validasi. Validasi tersebut meliputi validasi isi oleh para ahli dan validasi empirik di lapangan yakni guru siswa dan observer. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan metode pembelajaran yang diproduksi dikategorikan valid (efektif dan efisien) untuk digunakan di sekolah serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kevalidan metode ini mencapai 82 32% dari ahli metode 87 5% dari ahli materi 79 17% dari guru 81 94% dari siswa pada materi sistem pencernaan manusia dan 89 51% dari siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Pada materi sistem pencernaan manusia masih terdapat 1 siswa yang belum mencapai KKM sedangkan pada materi sistem pernapasan manusia masih terdapat 3 siswa yang belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan pembelajaran remedial (remedial teaching) dengan menggunakan metode tutor sebaya terbimbing dapat membuktikan bahwa metode pembelajaran yang diproduksi mampu memberikan hasil yang nyata terhadap peningkatan skor hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24842

Actions (login required)

View Item View Item