Harnandi, Wahyu Dewi Adi (2012) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema melihat pernapasan kita untuk siswa kelas VIII SMP / MTs /Wahyu Dewi Adi Harnandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Paket IPA Terpadu Konstruktivisme Tema Melihat Pernapasan Kita Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 menyatakan bahwa substansi Mata Pelajaran IPA pada SMP/MTs adalah IPA terpadu. Tujuan pembelajaran IPA Terpadu sebagai suatu kerangka model dalam proses pembelajaran yaitu (1) meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran (2) meningkatkan minat dan motivasi (3) beberapa kompetensi dasar dapat dicapai sekaligus (Puskur 2007 dalam Trianto 2010). Namun hasil survey terbatas pada guru-guru IPA SMP/MTs di Jawa Timur dalam beberapa pelatihan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kretaif Efektif dan Menyenangkan) yang diselenggarakan oleh Proyek MBE menunjukkan bahwa sebagian besar guru (92 dari 118 orang atau 70% ) mengalami kesulitan untuk merancang pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan standar isi untuk kurikulum IPA. Setelah peneliti melakukan wawancara terhadap guru mata pelajaran IPA di seluruh SMP Negeri di Kota Blitar pada tanggal 25-28 Mei 2011 didapatkan hasil bahwa kesepuluh satuan pendidikan tingkat SMP tersebut belum melaksanakan pembelajaran IPA secara terpadu. Kendala yang dihadapi antara lain adalah (1) sebagian besar tenaga pendidik untuk mata pelajaran IPA khususnya masih merasa kurang percaya diri untuk melaksanakan pembelajaran IPA secara terpadu (2) beberapa tenaga pendidik mata pelajaran IPA juga menjelasan bahwa perangkat untuk melaksanakan pembelajaran IPA terpadu seperti media pembelajaran berupa bahan ajar yang menerapkan konsep IPA Terpadu belum tersedia. Berdasarkan kenyataan tersebut penulis melaksanakan penelitian pengembangan Paket IPA Terpadu yang terdiri atas Paket IPA Terpadu untuk siswa dan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu untuk guru. Paket IPA Terpadu Tema Melihat Pernapasan Kita mengalami beberapa tahap pengembangan yang mengacu pada rancangan penelitian pengembangan Borg Gall. Rancangan penelitian ini telah dimodifikasi menjadi 5 langkah penelitian disesuaikan dengan kemampuan peneliti. Kelima tahap tersebut adalah (1) pengumpulan informasi dan penelitian (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) uji lapangan awal (5) revisi produk utama. Validasi isi (content) dilakukan dengan cara menyerahkan angket serta lembar komentar dan saran ke validator dosen (Fisika dan Biologi) serta validator guru mata pelajaran IPA SMP Negeri 4 Blitar untuk diisi oleh validator. Sedangkan uji keterbacaan dilakukan oleh sepuluh orang siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Blitar. Jenis data yang diperoleh yaitu (1) data skor hasil penilaian kelayakan yang berupa data ordinal selanjutnya diubah menjadi persentase yang dianalisis secara deskriptif (2) data deskripsi yang diperoleh dari kritik dan saran dari validator serta hasil uji keterbacaan siswa. ii Setelah dilakukan analisis data dapat diketahui bahwa rata-rata persentase kelayakan Paket IPA Terpadu untuk siswa adalah sebesar 87 74% sehingga Paket IPA Terpadu untuk siswa yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteria layak. Sedangkan rata-rata persentase kelayakan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Paket IPA Terpadu untuk guru adalah sebesar 89 86% dan termasuk dalam kriteria layak. Selanjutnya Paket IPA Terpadu mengalami revisi sesuai dengan kritik dan saran dari validator untuk perbaikan. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut dengan melakukan eksperimen atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga diperoleh Paket IPA Terpadu yang teruji validitas secara empiris. Diperlukan pula pemikiran lebih dalam mengenai pemilihan tema supaya tidak terlalu luas ataupun sempit terhadap cakupan materi yang dibahas. Selain itu materi dalam paket sebaiknya disajikan dengan lebih terpadu dengan cara menambahkan materi kegiatan-kegiatan siswa dan soal evaluasi yang mencerminkan keterpaduan sesuai dengan Kompetensi Dasar yang dipadukan. Penulis juga menyarankan supaya uji validasi Paket IPA Terpadu dapat dilengkapi uji validasi media oleh ahli media. Dengan harapan dapat diperoleh Paket IPA Terpadu yang bagus dan layak untuk dicetak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |