Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang / Wiwin Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang / Wiwin Damayanti

Damayanti, Wiwin (2011) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang / Wiwin Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran kooperatif NHT motivasi belajar hasil belajar Pembelajaran Biologi yang diterapkan kepada siswa harus berorientasi pada pembelajaran kontekstual yaitu belajar secara langsung dengan mengamati alam sekitar dan tidak hanya mengacu pada buku teks saja. Pembelajaran kontekstual perlu diterapkan karena mempunyai tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Perubahan pembelajaran yang berpusat pada guru perlu dilakukan dengan pengembangan strategi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan proses kegiatan belajar siswa yaitu menggunakan model-model pembelajaran kooperatif salah satunya adalah model Numbered Heads Together (NHT). Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif inspiratif menyenangkan menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Rancangan penelitin ini adalah kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan Pre test-Pos test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel pada penelitian ini mengambil 2 kelas kelas eksperimen (kelas X-2) berjumlah 21 siswa dan kelas kontrol (kelas X-1) berjumlah 28 siswa Data penelitian ini berupa data motivasi belajar siswa diperoleh dari observasi pada setiap pertemuan yang mencakup 4 aspek motivasi. Ketiga aspek motivasi tersebut adalah 1) perhatian 2) konsentrasi 3) minat dan 3) ketekunan. Data hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh skor pre tes dan post tes hasil belajar pada ranah afektif dan ranah psikomotor diperoleh dari observasi yang dilakukan setiap pertemuan. Data tentang motivasi belajar dan hasil belajar siswa dianalisis melalui uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan anakova dan Independent sampel t-Tes dengan taraf signifikansi 0 05. Selanjutnya dilakukan uji lanjut sidak untuk mengetahui perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta untuk mengetahui lebih lanjut pengaruh model kooperatif tipe NHT terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X. Berdasarkan hasil penelitian pada data motivasi siswa diperoleh nilai sig. 0.000. Nilai sig. 0.000 0.05 maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang. Dibuktikan dengan uji lanjut sidak yang mana rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pada kelas ekperimen rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 87 429 dan kelas kontrol sebesar 58 179. Perbedaan rata-rata pada kedua kelas tersebut sebesar 29 250 dengan nilai sig. sebesar 0.000 0.05. Hasil belajar siswa pada ketiga ranah yaitu kognitif afektif dan psikomotor diperoleh nilai sig. yang sama yaitu sebesar 0.000. Nilai sig. 0.00 0.05 maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Diponegoro Tumpang Malang. Dibuktikan dengan uji sidak yanga mana skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Pada kelas eksperimen rata-rata ranah kognitif sebesar 71 429 dan kelas kontrol sebesar 53 714 perbedaan rata-rata sebesar 17.71. Pada ranah afektif rata-rata kelas eksperimen sebesar 74 284 dan kelas kontrol sebesar 97 286 perbedaan rata-rata sebesar 22 50. Pada ranah psikomotor ratarata kelas eksperimen sebesar 74 284 dan kelas kontrol sebesar 97 286 perbedaan rata-rata sebesar 20 45. Pada uji lanjut sidak nilai dari ketiga ranah juga diperoleh nilai sig. 0.000 0.05

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24793

Actions (login required)

View Item View Item