Analisis kesalahan pemahaman konsep materi sistem pencernaan makanan dan respirasi manusia di kelas XI IPA SMAN 9 Malang / Dini Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan pemahaman konsep materi sistem pencernaan makanan dan respirasi manusia di kelas XI IPA SMAN 9 Malang / Dini Safitri

Safitri, Dini (2011) Analisis kesalahan pemahaman konsep materi sistem pencernaan makanan dan respirasi manusia di kelas XI IPA SMAN 9 Malang / Dini Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemahaman konsep miskonsepsi buku teks Pemahaman konsep biologi menjadi penting karena dapat membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan keterampilan dan sikap percaya diri serta membantu menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana. Permasalahan yang mungkin terjadi dalam kejadian nyata adalah siswa mengalami kesalahan pemahaman konsep. Pemahaman konsep pada siswa juga tidak terlepas dari peran guru dan buku teks. Adakalanya konsepkonsep yang ada di dalam buku ajar masih ada yang kurang tepat dan dapat menyebabkan kesalahan pemahaman konsep pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat kesalahan pemahaman konsep pada materi Sistem Pencernaan Makanan pada siswa kelas XI SMAN 9 Malang (2) mendeskripsikan tingkat kesalahan pemahaman konsep pada materi Sistem Respirasi Manusia pada siswa kelas XI SMAN 9 Malang dan (3) mendeskripsikan keterkaitan antara guru dan buku teks dengan kesalahan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMAN 9 Malang pada bulan April Mei 2011. Selama melaksanakan penelitian peneliti dibantu oleh seorang observer. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 sedangkan untuk uji coba instrumen Tes Pemahaman Konsep dilaksanakan di kelas XI IPA 2. Data penelitian ini berupa hasil tes pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 hasil analisis konsep pada buku teks dan hasil pengisian angket oleh guru bidang studi biologi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Kategori skor yang dianggap miskonsepsi yaitu Specific Misconception (skor 2) merupakan kategori jawaban siswa yang menunjukkan adanya miskonsepsi sedangkan kategori Partial Understanding with Specific Misconception (skor 3) merupakan kategori jawaban siswa yang benar akan tetapi masih mengandung pernyataan yang menunjukkan adanya miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Pencernaan Manusia berdasarkan rata-rata persentase pola jawaban siswa yang tergolong ke dalam kategori Specific Misconception sebesar 16 45% dan kategori Partial Understanding with Specific Misconception sebesar 5 32%. Tingkat kesalahan pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Respirasi Manusia rata-rata persentase pola jawaban siswa yang tergolong ke dalam kategori Specific Misconception sebesar 18 10% dan kategori Partial Understanding with Specific Misconception sebesar 35 84%. Hasil analisis angket konsep guru dan buku teks menunjukkan adanya kesalahan konsep. Analisis angket konsep guru pada Sistem Pencernaan kesalahan konsep guru ii sebesar 44 4% sedangkan materi Sistem Respirasi Manusia sebesar 62 5%. Guru melalui metode dan aktivitas mengajar yang tepat serta buku teks yang baik sebagai sumber belajar sangat berkaitan dengan tingkat kesalahan pemahaman konsep yang dialami oleh siswa. Konsep yang dimiliki oleh seseorang merupakan faktor utama untuk membentuk pengertian baru dan kreativitas untuk mengembangkan dan menerapkan konsep tersebut. Penerapan dan pengembangan konsep yang keliru tentunya menghasilkan produk yang keliru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24779

Actions (login required)

View Item View Item