Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Singosari / Siti Qur'aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Singosari / Siti Qur'aini

Qur'aini, Siti (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Singosari / Siti Qur'aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qur aini Siti. 2010. Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M. Pd. (II) Dr. Umie Lestari M. Si. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Prestasi Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama lima hari (tanggal 28 29 30 31 Januari dan 2 Februari 2009) diketahui bahwa SMP Negeri 1 Singosari merupakan Sekolah Menengah Pertama yang terletak di Kabupaten Singosari Malang. Pemanfaatan laboratorium di sekolah tersebut kurang maksimal karena sedang dalam proyek pengembangan pembangunan akibatnya ruang laboratorium tidak bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar untuk semua kelas. Kondisi belajar siswa kelas VIII H selama kegiatan pembelajaran kurang aktif guru sering menggunakan metode ceramah dalam mengajar. KKM untuk mata pelajaran Biologi sebesar 77. Siswa yang mencapai KKM pada ulangan harian materi Sistem Peredaran Darah adalah 7 orang (19%). Hasil angket yaitu 79% siswa menyatakan pembelajaran Biologi jarang menggunakan praktikum 56% siswa menganggap belajar Biologi biasa saja 39% siswa menyukai Biologi 5% siswa tidak suka Biologi 83% siswa menyukai belajar Biologi dengan alat peraga 69% siswa menyukai belajar Biologi secara berkelompok. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII H berkaitan dengan materi Fotosintesis serta mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran model Two Stay Two Stray. Jenis penelitian adalah PTK dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Singosari semester II tahun ajaran 2008/2009 terdiri atas 27 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Aspek yang diteliti adalah peningkatan prestasi belajar dan pelaksanaan pembelajaran model TSTS. Prestasi belajar diperoleh dari nilai tes yang diberikan tiap akhir siklus pembelajaran pelaksanaan pembelajaran model TSTS diketahui dari aktivitas guru dan siswa dalam tahap-tahap pembelajaran model TSTS. Instrumen penelitian yaitu RPP soal tes lembar observasi catatan lapangan dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran model TSTS pada pokok bahasan Fotosintesis dapat meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Singosari. Hasil data menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai oleh siswa pada siklus I sebesar 33 33% (12 siswa) pada siklus II sebesar 66 67% (24 siswa). Peningkatan prestasi belajar kognitif dalam penelitian ditunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II (2) Pembelajaran model TSTS yang dilakukan oleh guru dan siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Singosari mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil data menunjukkan rerata aktivitas guru dari ketiga observer di siklus I adalah 67 36% (kriteria cukup) pada siklus II adalah 86 11% (kriteria sangat baik). Sedangkan rerata aktivitas siswa dari ketiga observer di siklus I sebesar 59 01% (kriteria cukup) dan pada siklus II sebesar 80 56% (kriteria baik). Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dapat diterapkan pada pokok bahasan lain sebagai salah satu upaya alternatif meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24708

Actions (login required)

View Item View Item