Penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi materi pencemaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Mariana Banurea - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi materi pencemaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Mariana Banurea

Banurea, Mariana (2010) Penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi materi pencemaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Mariana Banurea. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning (PBL) kemampuan berpikir dan hasil belajar Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru biologi di SMP Negeri 3 Malang diperoleh informasi bahwa metode belajar yang digunakan di sekolah selama ini sebagian besar masih menggunakan metode ceramah sehingga kurang memberdayakan kemampuan berpikir yang mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu model dalam pembelajaran yang membantu siswa untuk menemukan masalah dari suatu peristiwa yang nyata. Siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mampu mengembangkan keterampilan berpikir dan keterampilan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa kelas VII.2 pada mata pelajaran biologi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus setiap siklus terdiri atas 4 tahap pembelajaran yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII.2 semester gasal SMP Negeri 3 Malang tahun ajaran 2008/2009. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar observasi LKS Soal tes dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa. Kemampuan berpikir siswa dapat diketahui dari nilai tingkat keberhasilan kemampuan bertanya dan menjawab siswa. Skor kemampuan bertanya siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 35 84% dan skor kemampuan menjawab siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 24 67%. Hasil belajar siswa dapat diketahui dari aspek kognitif dan aspek afektif siswa. Pada aspek kognitif mengalami peningkatan yaitu jumlah keseluruhan siswa yang tuntas belajar pada siklus I mencapai 30 siswa (66 66%) pada siklus II mencapai 44 siswa (97 78%). Kenaikan ketuntasan hasil belajar aspek kognitif siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 31 12%. Pada aspek afektif mengalami peningkatan yaitu pada siklus I siswa kelas VII 2 mencapai ketuntasan hasil belajar aspek afektif sebesar 84 29% dengan kategori baik (A) sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan belajar aspek afektif sebesar 96 59% dengan kategori baik (A). ketuntasan hasil belajar aspek afektif siswa kelas VII 2 antara siklus I dan siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar secara keseluruhan dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 12 3%. iii Dari hasil penelitian ini disarankan sebaiknya guru meminta siswa untuk menuliskan pertanyaannya dikertas bagi siswa yang belum sempat mengutarakan pertanyaan pada saat diskusi kelas dan pertanyaan tersebut akan dijawab bersama pada pertemuan selanjutnya serta hasil jawaban Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat digunakan sebagai skor kontribusi dalam menetapkan nilai akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24662

Actions (login required)

View Item View Item