Khusairi, Abdul Rozaq Fathin (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keterampilan memainkan alat musik recorder pada siswa kelas VII B SMPN 1 Dau Kabupaten Malang / Abdul Rozaq Fathin Khusairi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khusairi A.R.F 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan keterampilan memainkan alat musik recorder pada siswa kelas VII-B SMPN 1 Dau kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Rully Aprilia Zandra S.Pd M.Pd M.Sn Kata Kunci Keterampilan Alat Musik Recorder Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dau Kabupaten Malang pada pembelajaran seni budaya kelas VII. SMP Negeri 1 Dau adalah salah satu sekolah SMP yang ada di Kabupaten Malang. Terdapat 6 kelas paralel pada kelas VII. Diketahui hasil belajar dikelas VII-B dalam pembelajaran seni budaya bidang studi seni musik berada dibawah KKM (75). Jumlah siswa yang tuntas hanya 11 siswa dari 31 siswa sehingga dapat di persentasikan sebesar 35 48% pada materi keterampilan memainkan alat musik recorder. Terdapat permasalahan pada observasi dalam proses pembelajaran seni budaya di kelas VII-B yaitu siswa terlihat tidak aktif dalam mengikuti pelajaran banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru ketika pelajaran berlangsung siswa mengobrol sendiri dan penyelesaian tugas tidak tepat waktu. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kualitas hasil belajar keterampilan memainkan alat musik recorder pada kelas VII-B di SMP Negeri 1 Dau Kabupaten Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif subjek penelitian berjumlah 31 siswa. Pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Prosedur penelitian meliputi 4 tahap yaitu (1) Perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang nilainya tuntas di atas KKM sejumlah 17 siswa dengan prosentase 54 83% dan siswa yang nilainya tidak tuntas dibawah KKM sejumlah 14 siswa dengan prosentase 45 16%. Oleh karena itu dilakukan siklus II. Pada siklus II siswa yang nilainya tuntas di atas KKM sejumlah 28 siswa dengan prosentase 90 3% dan siswa yang nilainya tidak tuntas dibawah KKM sejumlah 3 siswa dengan prosentase 9 6%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga mencapai 90 3% dengan demikian penelitian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disarankan guru agar dapat digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan pada setiap pembelajaran Seni Budaya sub bidang seni musik di semua kelas VII.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/246579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |