Murdiyanti, Merry (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIG SMP Negeri 3 Lawan Kabupaten Malang / Merry Murdiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kooperatif NHT Motivasi Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII-G SMP Negeri 3 Lawang pada tanggal 18 Januari 2010 sampai 25 Januari 2010 diperoleh data bahwa pola pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher centered). Metode ceramah yang digunakan di kelas kurang menarik minat belajar siswa ada beberapa siswa yang terlihat pasif dan sebagian besar siswa tidak memperhatikan materi yang disampaikan karena siswa kurang terlibat secara maksimal sehingga rasa tanggung jawab dan komunikasi antar siswa belum nampak. Hal tersebut menyebabkan rendahnya motivasi belajar biologi siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa. Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar Biologi maka dilakukan penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 3 Lawang. Model NHT memiliki prosedur yang ditetapkan untuk memberi banyak waktu siswa untuk berpikir menjawab dan saling berkomunikasi antar anggota kelompok. Penerapan model NHT ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII-G SMP Negeri 3 Lawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam II siklus dengan materi Sistem Gerak Manusia. Data dalam penelitian adalah motivasi belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi motivasi dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT 1) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terlihat dari persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 62 63 dengan kategori taraf keberhasilan cukup sedangkan pada siklus II sebesar 85 38 dengan kategori taraf keberhasilan sangat baik 2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara individu 9 siswa dari siklus I ke siklus II dan peningkatan pesentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 26 47% dari siklus I sebesar 70 58 ke siklus II sebesar 97 05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan berharap model pembelajaran kooperatif NHT dapat dilaksanakan di kelas dengan menggunakan variasi model pada pokok bahasan yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24655 |
Actions (login required)
View Item |