Efektivitas penggunaaqn lembar kerja siswa bahasa Arab dalam meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang / Mochammad Ali Dzil Fikri - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaaqn lembar kerja siswa bahasa Arab dalam meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang / Mochammad Ali Dzil Fikri

Mochammad Ali Dzil Fikri (2007) Efektivitas penggunaaqn lembar kerja siswa bahasa Arab dalam meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang / Mochammad Ali Dzil Fikri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah MTs Surya Buana Malang merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah pertama swasta yang berbasis keislaman dengan mengutamakan kualitas kebahasaan. Model pembelajaran yang diterapkan adalah menyenangkan mengasyikkan dan mencerdaskan. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu bentuk bahan ajar cetak yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. LKS berisi pedoman pembimbing dan perekam tugas-tugas siswa dan berfungsi sebagai pelengkap buku pokok sehingga siswa diharapkan dapat mempelajari materi ajar tersebut secara mandiri. LKS dalam penelitian ini merupakan salah satu sumber belajar ataupun buku penunjang proses belajar mengajar yang digunakan dan dikerjakan oleh peserta didik. Minat adalah kecenderungan seseorang secara sadar untuk menyukai suatu objek atau suatu hal. Hasil belajar merupakan sesuatu yang diperoleh dikuasi dan merupakan hasil dari adanya proses belajar sedangkan Minat dan hasil belajar bahasa Arab dalam penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa yang meliputi menyimak berbicara membaca dan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat efektivitas penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi koesioner/angket dan tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi angket dan skor/nilai hasil tes. Langkah- langkah analisis data yang dilakukan adalah analisis data angket siswa dan analisis data hasil tes belajar siswa kelas VII dan VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti secara efektif LKS dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab yang dapat dilihat dari siswa/siswi menyukai dan menyenangi serta antusias terhadap materi- materi Bahasa Arab yang ada dalam LKS memiliki perhatian tinggi ketika guru mengajar menggunakan LKS terlibat aktif dengan berdiskusi tentang materi- materi yang ada di LKS memiliki cukup kedisiplinan serta memahami dan mampu mengerjakan soal atau materi-materi Bahasa Arab yang ada di LKS. Hasil angket minat yang diberikan kepada para siswa dapat diketahui bahwa siswa kelas VII rata-rata skor minat 85 94 (efektif). siswa kelas VIII rata-rata skor minat 87 11 (efektif). Dari hasil angket terbukti efektif untuk meningkatkan minat siswa belajar bahasa Arab. Hasil skor rata-rata belajar bahasa Arab siswa kelas VII pada materi berbicara 84 46 (efektif/ 70 s/d 84) membaca 83 04 (efektif/ 70 s/d 84) dan menulis 83 31 (efektif/ 70 s/d 84) sedangkan hasil skor rata-rata belajar bahasa Arab siswa kelas VIII pada materi berbicara 85 31 (sangat efektif/ 85 s/d 100) membaca 84 38 (efektif/ 70 s/d 84) dan menulis 83 13 (efektif/ 70 s/d 84). Dari hasil data skor hasil belajar tersebut LKS terbukti efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Secara keseluruhan proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Arab terbukti secara efektif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Arab. Dengan demikian pengajar guru maupun tentor bahasa Arab mempertahankan proses belajar mengajar bahasa Arab dengan menggunakan LKS sebagai media pembelajaran dan faktor pendukung pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/246031

Actions (login required)

View Item View Item