Pengembangan kartu kuartet sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah / Miranda Setiawaty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kartu kuartet sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah / Miranda Setiawaty

Setiawaty, Miranda (2010) Pengembangan kartu kuartet sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah / Miranda Setiawaty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawaty Miranda 2010. Pengembangan Kartu Kuartet Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Siswa Kelas V MI. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Ahmad Fuad Effendy MA. Kata kunci permainan kartu kartu kuartet pembelajaran kosakata Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) bahasa Arab mulai diajarkan pada kelas tinggi yaitu mulai kelas empat sampai dengan kelas enam. Pada usia 7-12 tahun anak-anak dalam tahap perkembangan baik perkembangan psikologis ataupun perkembangan fisik. Sehingga pembelajaran bahasa Arab untuk anak tingkat MI tidak terlepas dari perhatian terhadap karakteristik individual dan perkembangan psikologis anak. Salah satu media yang sering digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab untuk anak adalah kartu. Penggunaan kartu dalam pembelajaran bahasa Arab untuk anak cukup efisien disamping membantu anak untuk berpikir konkrit juga dapat menimbulkan rasa senang bagi anak. Hanya saja penggunaan kartu dalam pembelajaran ini bisa menjadi monoton karena tidak adanya variasi. Penelitian pengembangan ini ditujukan untuk mengembangkan variasi bentuk permainan dan penggunaan kartu sebagai media pembelajaran. Hasil dari produk permainan kartu diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab untuk anak khususnya untuk siswa MI kelas V. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan R D menurut Borg dan Gall yang telah dimodifikasi yaitu (a) analisis kebutuhan (b) pemilihan materi (c) pengembangan produk awal (d) uji validitas oleh ahli materi dan ahli media (e) revisi pertama dari produk awal berdasarkan saran dan masukan dari para ahli (f) menghasilkan produk kedua setelah revisi (g) pengujian lapang di sekolah dan (h) revisi terakhir berdasarkan hasil uji coba lapangan. Semua prosedur pengembangan telah dilaksanakan. Hasil akhir pengembangan adalah kartu kuartet yang mencakup 3 bagian yaitu tema kartu 4 pasang kosakata dan gambar yang mewakili salah satu kosakata. Setiap tema memiliki warna dasar yang berbeda-beda. Selain itu terdapat panduan penggunaan permainan kartu kuartet sehingga memudahkan guru atau siswa untuk melaksanakan kegiatan permainan. Produk awal kartu diuji kevalidan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji kevalidan oleh ahli materi secara keseluruhan mendapat nilai kualifikasi valid. Sedangkan berdasarkan hasil validasi dari ahli media secara keseluruhan mendapat nilai analisis kualifikasi cukup valid. Berdasarkan saran dan masukan para ahli produk awal direvisi dan hasil dari revisi diuji coba lapangkan di MI Khodijah dan MIN 2 Malang. Hasil keseluruhan analisis dari data yang diperoleh dari guru mata pelajaran bahasa Arab adalah kualifikasi valid sedangkan hasil analisis keseluruhan data dari siswa adalah kualifikasi valid. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kualifikasi produk kartu kuartet yang telah dikembangkan adalah valid. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan permainan kartu kuartet sebagai salah satu alternatif media pembelajaran. Pengembang berikutnya disarankan dapat meneliti lebih lanjut i ii tentang pengembangan kartu kuartet dengan variasi yang berbeda misalnya teknis permainan yang berbeda penggunaan kemahiran berbahasa yang berbeda atau kosakata yang digunakan dalam kartu kuartet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245926

Actions (login required)

View Item View Item