Penggunaan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik untuk meningkatkan kemahiran menulis bahasa Arab siswa kelas XI SMA Darul Ulum Agung Malang / Ita Maurina Islami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik untuk meningkatkan kemahiran menulis bahasa Arab siswa kelas XI SMA Darul Ulum Agung Malang / Ita Maurina Islami

Islami, Ita Maurina (2010) Penggunaan kalimat tanya (5W+1H) pada gambar tematik untuk meningkatkan kemahiran menulis bahasa Arab siswa kelas XI SMA Darul Ulum Agung Malang / Ita Maurina Islami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kalimat tanya (5W 1H) gambar tematik kemahiran menulis. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar sangatlah penting untuk membangkitkan minat siswa dalam belajar sehingga hasil yang diperolehnya pun akan meningkat. Penggunaan kalimat tanya (5W 1H) pada gambar tematik adalah salah satu model pembelajaran menulis bahasa Arab yang menggunakan media gambar tematik. Gambar tematik merupakan gambar tunggal yang mempunyai tema tertentu yang terdiri atas unsur-unsur yang berkaitan dengan gambar dan berukuran besar. Kalimat tanya (5W 1H) yang terdiri atas madza man aina mata limadza dan kaifa berfungsi untuk mendorong dan mengarahkan siswa untuk berfikir dan mengungkapkan idenya dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan kalimat tanya (5W 1H) pada gambar tematik siswa kelas XI SMA Darul Ulum Agung Malang dan mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan kalimat tanya (5W 1H) pada gambar tematik siswa kelas XI SMA Darul Ulum Agung Malang Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kulitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan melalui pre tes post tes siklus I dan post tes siklus II sedangkan teknik non tes dilakukan dengan wawancara penyebaran angket observasi dan dokumentasi.Untuk melakukan analisis hasil validasi temuan peneliti melakukan pengumpulan dan pengecekan data mereduksi data menyajikan data dan menyimpulkan data. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan dua kali pertemuan dalam tiap siklusnya yang terdiri atas perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pertemuan pertama untuk pembelajaran qira ah dan pengedrillan kosa kata sedangkan pertemuan kedua untuk pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan kalimat tanya (5W 1H) pada gambar tematik. Pembelajaran menulis dengan menggunakan kalimat tanya (5W 1H) pada gambar tematik pada siklus I sudah mulai tampak antusiasme siswa dalam belajar. Disisi lain sebaiknya guru terlebih dahulu mengedrillkan kosa kata yang berhubungan dengan tema materi agar siswa tidak menanyakan secara terus menerus mufrodat yang akan mereka tulis. Hasil pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan kalimat tanya (5W 1H) pada gambar tematik siswa kelas XI SMA Darul Ulum Agung Malang meningkat hal ini terlihat pada hasil pos tes siklus I yang menunjukkan jumlah skor rata-rata nilai 70 dengan 54% siswa dikategorikan tuntas dan 46% belum mencapai nilai standar. Penerapan pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menggunakan kalimat tanya (5W 1H) pada gambar tematik pada siklus II siswa sudah berani mengungkapkan dan mengembangkan idenya dalam tulisan sehingga hasilnya pun memuaskan hal ini dapat pada pos tes silkus II jumlah skor rata-rata nilai 79 dengan 75% siswa dikategorikan tuntas dan 25% siswa dikategorikan belum tuntas sedangkan standar ketuntasan minimal (SKM) yang yang digunakan 75. Oleh karena itu disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran berbasis media gambar sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis bahasa Arab siswa. Agar peneliti lain untuk mengembangkan dan memperluas cakupan penelitian dengan subjek yang berbeda dan paparan yang lebih luas dan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245882

Actions (login required)

View Item View Item