Peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A SMPN 2 Purwosari melalui pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams-Achievement Divisions) berbasis kontekstual / Maya Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A SMPN 2 Purwosari melalui pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams-Achievement Divisions) berbasis kontekstual / Maya Fatimah

Maya Fatimah (2009) Peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A SMPN 2 Purwosari melalui pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams-Achievement Divisions) berbasis kontekstual / Maya Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal peneliti menunjukkan bahwa siswa di kelas VII-A SMPN 2 Purwosari memiliki motivasi belajar yang rendah. Di samping itu sebagian besar siswa memiliki kemampuan belajar yang rendah dibandingkan dengan kelas-kelas lainnya. Di sisi lain siswa tidak memiliki buku penunjuang atau LKS (Lembar Kegiatan Siswa) yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa di kelas. Bertolak dari fenomena yang ditemukan di lapangan maka peneliti kemudian melakukan penelitian dengan tujuan untuk (1) mengetahui peningkatan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-A melalui pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams-Achievement Divisions) berbasis kontekstual (2) mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa melalui pembelajaran kooperatif model STAD berbasis kontekstual (3) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa melalui pembelajaran kooperatif model STAD berbasis kontekstual dan (4) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model STAD berbasis kontekstual. Adapun jenis penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitataif dimana data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau angka yang dijabarkan dalam kalimat. Tahapan pelaksanaan penelitian ini dimulai dari observasi awal. Setelah dilakukan refleksi maka disusunlah rencana tindakan yang disusul dengan pelaksanaan rencana tindakan observasi dan refleksi. Demikian gambaran tahapan pelaksanaan penelitian yang dilakukan sampai dengan siklus ketiga. Peneliti mengobservasi motivasi dan aktivitas kooperatif siswa dengan menggunakan instrument berupa lembar observasi. Peneliti juga melihat perubahan motivasi siswa dari angket yang diberikan pada awal dan akhir penelitian serta membagikan angket tanggapan kepada siswa pada akhir pertemuan siklus III. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMPN 2 Purwosari. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa. Rerata persentase keberhasilan tindakan mengalami peningkatan sebanyak 9 5% dari siklus II dan 8 3% dari siklus III. Sedangkan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan sebesar 7 4% dari siklus II dan 10 3% dari siklus III. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami penurunan sebanyak 19 77%. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 50%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24561

Actions (login required)

View Item View Item