Nur Maharani (2008) Upaya peningkatan hasil belajar melalui pemberian pekerjaan rumah (PR) berupa pembuatan peta konsep pada siswa kelas 1 SMU Negeri 3 Malang / Nur Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maharani Nur. 2003. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pemberian PR Berupa Peta Konsep pada Siswa Kelas I SMU Negeri 3 Malang. Skripsi jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. (II) Drs. Masjhudi M.Pd. Kata kunci Motivasi PR peta konsep hasil belajar Richardson dalam Susanto (1999) mengemukakan bahwa biologi adalah suatu cara berfikir suatu metode untuk melakukan penyelidikan dan suatu pengetahuan tentang makhluk hidup dan kehidupannya sehingga memunculkan banyak sekali konsep-konsep. Konsep-konsep pada biologi terdiri dari konsep-konsep yang sederhana dan konsep-konsep yang kompleks. Agar terjadi kesinambungan antara konsep-konsep yang sudah dipelajari dan yang baru diterima siswa maka diperlukan cara pembelajaran secara bermakna. Dahar (1986) berpendapat bahwa agar terjadi belajar bermakna guru harus mengetahui konsep yang sudah diketahui siswa. Novak (dalam Dahar 1986) mengemukakan bahwa hal itu dapaat dilakukan dengan peta konsep atau pemetaan konsep. Untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pemberian motivasi berupa PR pembuatan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di SMU Negeri 3 Malang. Subyek penelitian yaitu kelas I-5 dan I-7 di mana masalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ditemukan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap-tahap refleksi awal perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi kemudian refleksi untuk merencanakan tindakan selanjutnya. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dengan konsep Moluska dan Ekinodermata. Pada siklus pertama tindakan yang diberikan berupa pemberian PR pembuatan peta konsep dari konsep Moluska yang diberikan sebelum pembelajaran. Pada siklus kedua tindakan yang diberikan berupa pemberian PR pembuatan peta konsep yang disertai cara pembuatan peta konsep yang baik dan benar disertai dengan contoh pada konsep Ekinodermata. Hasil belajar yang diukur adalah jumlah jawaban benar dalam tens akhir yang diberikan di akhir tiap konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada refleksi awal hasil belajar yang dicapai siswa kurang memuaskan yang ditunjukkan dari perolehan hasil belajar yaitu sebanyak 51% dari jumlah siswa mendapat nilai di bawah rata-rata kelas. Setelah diberi tindakan berupa pemberian PR pembuatan peta konsep pada siklus pertama perolehan hasil belajar meningkat menjadi 70% pada kelas I.5 dan 72 8% pada kelas I.7(jadi rata-rata 71 4%) yang dicapai oleh 57 ( 69%) dari jumlah siswa kelas I.5 dan I.7 dan sisanya memperoleh hasil belajar di bawah ketuntasan yang ditetapkan (65%). Refleksi pada siklus pertama menunjukkan bahwa belum semua siswa memperoleh hasil belajar melampaui ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil diskusi antara guru pengamat dan siswa pembelajaran perlu diperbaiki dengan cara pembuatan peta konsep yang baik dan benar disertai contoh. Pada siklus kedua dengan tindakan berupa penggunaan peta konsep dan disertai contoh hasil belajar siswa melalui tes akhir meningkat menjadi 84 5% pada kelas I.5 dan 94% pada kelas I.7 (jadi rata-rata 89 3%) dan dicapai oleh 77 (93 4) siswa yang disertai dengan adanya peningkatan aktivitas siswa pada saat pembelajaran dibanding pada siklus I. Berdasarkan hasil peneltian ini disarankan untuk digunakan konsep-konsep lain dalam biologi di berbagai jenjang pendidikan yaitu pendidikan menengah dan pendidikan dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Dec 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |