The implementation of life skills education at public senior high schools in Malang / Dewi Ni'matin - Repositori Universitas Negeri Malang

The implementation of life skills education at public senior high schools in Malang / Dewi Ni'matin

Ni'matin, Dewi (2012) The implementation of life skills education at public senior high schools in Malang / Dewi Ni'matin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci penerapan pendidikan kecakapan hidup Tujuan pendidikan Indonesia yang tertuang dalam lampiran Peraturan Menteri Nasional Pendidikan No.22 tahun 2006 adalah untuk mengembangkan potensi siswa sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan mulia sehat berilmu berkompeten creative mandiri dan demokrasi juga bertanggung jawab. Sekolah seharusnya menjadi miniatur dari kehidupan yang sebenarnya dalam masyarakat. Oleh karena itu pemerintah memasukkan unsure pendidikan kecakapan hidup dalam proses belajar pembelajaran sehingga siswa mempunyai modal untuk menghadapi masalahnya dkemudian hari. Metode penelitian ini adalah survey karena tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan penerapan pendidikan kecakapan hidup di SMA Negeri di Malang. Peneliti mengambil tiga sekolah sebagai sampel penelitian melalui beberapa tahapan. Pertama mendata seluruh SMA Negeri di Malang berdasarkan ranking pada ujian nasional tahun 2010. Kedua mengelompokkan sekolah tersebut menjadi tiga kelompok tinggi sedang dan rendah. Terakhir memilih satu sekolah dari masing-masing kelompok untuk dijadikan sampel. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada semua guru bahasa Inggris disekolah sampel. Hasil penelitian akan ini disajikan dalam bentuk paparan setelah diklasifikasikan ke dalam aspek yang terkait. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru SMA Negeri di Malang menanggapi penerapan pendidikan kecakapan hidup di SMA sebagai program yang bagus karena bermanfaat untuk siswa dan bisa membantu siswa menghadapi masalah mereka dikemudian hari. Dalam pelaksanaanya guru-guru telah menerapkan pendidikan kecakapan hidup dalam kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup. Mereka mengalami beberapa hambatan dalam penerapan kecakapan hidup dalam kelas. Sebagian besar hambatan itu berasal dari siswa yaitu siswa tidak mengerti pentingnya pendidikan kecakapan hidup untuk mereka dan beberapa siswa memang memiliki kelemahan dalam bahasa Inggris. Beberapa saran ditujukan kepada beberapa pihak. Guru disarankan untuk memperbanyak variasi kegiatan pembelajaran di kelas sehingga siswa bisa mengasah kemampuan mereka dengan berbagai cara. Untuk Diknas disarankan untuk menyelenggerakan seminar tentang pendidikan kecakapan hidup agar guru mendapatkan pemahaman lebih tentang kecakapan hidup (life skills). Untuk mahasiswa Universitas Negeri Malang disarankan untuk mulai membuat kegiatan pembelajaran yang variatif dan menarik yang bisa diterapkan kepada siswanya nanti. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti unsur lain tentang pendidikan kecakapan hidup seperti menganalisis teknik dan materi pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/245221

Actions (login required)

View Item View Item