Kontribusi pola asuh otoriter orang tua dan krisis identitas diri terhadap kecenderungan agresif bagi siswa di SMA Negeri 9 Malang / Ratih Arum Pangestuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi pola asuh otoriter orang tua dan krisis identitas diri terhadap kecenderungan agresif bagi siswa di SMA Negeri 9 Malang / Ratih Arum Pangestuningtyas

Pangestuningtyas, Ratih Arum (2019) Kontribusi pola asuh otoriter orang tua dan krisis identitas diri terhadap kecenderungan agresif bagi siswa di SMA Negeri 9 Malang / Ratih Arum Pangestuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pangestuningtyas Ratih Arum. 2019. Kontribusi Pola Asuh Otoriter Orang Tua dan Krisis Identitas Diri Terhadap Kecenderungan Agresif Siswa SMA Negeri 9 Malang.Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. H. Adi Atmoko M.Si. (2) Dr. H. IM. Hambali M.Pd. Kata Kunci Otoriter Krisis Identitas Diri Agresif. Agresif suatu tindakan untuk menyakiti orang lain tindakan yang dilakukan memiliki tujuan untuk merugikan orang lain. Tindakan agresif akan muncul jika ada harapan atau keinginan yang belum tercapai. Aspek-aspek dari perilaku agresif yaitu menyerang orang lain dengan verbal menyerang orang lain dengan fisik dan menyerang obyek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi pola asuh otoriter orang tua dan krisis identitas diri terhadap agresif siswa di SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif eksplanasi dengan menggunakan instrumen berupa skala pola asuh otoriter orang tua skala krisis identitas diri dan skala agresif. Populasi dari penelitian ini merupakan siswa kelas X dan XI SMA Negeri 9 Malang dan sampel berasal dari kelas X IPA 3 X IPS 2 X BHS XI IPA 3 XI IPS 3 dan XI BHS pengambilan sampel berdasarkan dari cluster random sampling. Data penelitian menyebutkan skala pola asuh otoriter orang tua dengan validitas butir masing-masing 8805 0 3 dengan reliabilitas 0 798. Skala krisis identitas diri dengan validitas masing-masing 8805 0 3 dengan reliabilitas 0 898 dan skala agresif dengan validitas butir masing-masing 8805 0 3 dengan reliabilitas 0 807. Dengan angka tersebut maka uji butir instrumen dinyatakan lolos karena uji reliabilitas diatas 8805 0 3 dan uji reliabilitas diatas 8805 0 4 atau dikatakan cukup. Data tersebut dianalisis statistik menggunaka SPSS for windows 21.0. Berdasarkan hasil kontribusi efektif setiap variabel prediktor didapatkan kontribusi efektif variabel pola asuh otoriter orang tua terhadap agresif sebesar 0 090 artinya bahwa besar pengaruh terhadap variabel agresif yang ditimbulkan oleh variabel pola asuh otoriter orang tua adalah sebesar 9%. Sedangkan kontribusi efektif variabel krisis identitas diri terhadap variabel agresif sebesar 0 010 artinya bahwa besar pengaruh terhadap variabel agresif yang ditimbulkan oleh variabel krisis identitas diri adalah 1 %. Jadi antara variabel pola asuh otoriter orang tua dan krisis identitas diri terhadap kecenderungan agresif mendapatkan sumbangan kontribusi efektif sebesar 10%. Terdapat faktor lain di luar variabel yang ditelah diteliti yang memiliki kontribusi besar kecenderungan agresif sebesar 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar siswa SMA Negeri 9 Malang memiliki tingkat pola asuh otoriter orang tua sedang memiliki tingkat krisis identitas diri yang sedang dan tingkat agresif pada kategori rendah. Terdapat kontribusi yang sebesar 10% antara pola asuh otoriter orang tua dan kriris identitas diri terhadap kecenderungan agresif siswa SMA Negeri 9 Malang. Berdasarkan penelitian ini peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian terkait dengan variabel lain (kecerdasan emosi pengaruh lingkungan status ekonomi dan lain-lain)untuk mengetahui seberapa besar dampak dari kecenderungan agresif. Dengan demikian akan dapat diperoleh gambaran yang lebih luas tentang variabel yang memiliki kontribusi besar terhadap agresif agar orang tua dan pihak sekolah dapat mencegah terjadinya perilaku agresif pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2429

Actions (login required)

View Item View Item