Maulidina, Nur Farida (2019) Keefektifan teknik expressive writing untuk mengurangi kecemasan dalam berbicara di depan kelas pada siswa kelas VII SMP / Nur Farida Maulidina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Maulidina Nur Farida. 2018. Keefektifan Teknik Expressive Writing untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas pada Kelas VII SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin M.Pd. (II) Irene Maya Simon S.Pd M.Pd. Kata kunci expressive writing kecemasan berbicara siswa SMP Kelancaran dalam memenuhi langkah-langkah pembelajaran menurut kurikulum 2013 salah satunya dengan terampilnya berkomunikasi baik berkomunikasi dengan sesama atau di depan kelas. Fenomena di sekolah siswa sering mengalami tidak percaya diri takut gemetar gelisah pusing mual dan sebagainya. Faktor yang menyebabkan munculnya kecemasan-kecemasan tersebut yakni kurang berlatih kurang menguasai apa yang akan disampaikan kurang percaya diri ancaman diri sendiri serta pikiran negatif. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan adalah teknik expressive writing. Teknik tersebut mengajak siswa untuk menulis sebagai luapan perasaan yang sedang dirasakan ketika mengalami kecemasan. Kegiatan expressive writing termasuk layanan responsif serta termasuk dalam bidang pribadi sosial. Penelitian bertujuan untuk menguji keefektifan teknik expressive writing untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa kelas VII SMP. Penelitian menggunakan rancangan penelitian pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian 10 orang siswa kelas VII SMP yang memiliki kecemasan tinggi ketika berbicara di depan kelas. Dalam penelitian ini perlakuan yang digunakan adalah teknik expressive writing untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa kelas VII SMP. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test pada taraf signifikansi 0 005. Hasil nilai uji Wilcoxon Signed Test dihasilkan bahwa Z -2 803 dengan P 0 005 yang menunjukkan adanya perbedaan sebelum dilakukan treatment dan sesudah dilakukan treatment yakni terjadi penurunan kecemasan berbicara di depan kelas. Dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik expressive writing efektif untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa kelas VII SMP. Saran penelitian ini konselor dapat menggunakan expressive writing untuk membantu siswa mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas serta dapat menggunakan layanan responsif seperti konseling individu dan konseling kelompok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2422 |
Actions (login required)
View Item |