Pratama, Yusuf Putra (2018) Keefektifan metode dialog Socrates untuk meningkatkan kemampuan goal setting siswa SMPN 2 Kalitidu / Yusuf Putra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Pratama Yusuf Putra 2018 Keefektifan Metode Dialog Socrates Untuk Meningkatkan Kemampuan Goal Setting Siswa SMPN 2 Kalitidu Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Triyono M.Pd (2) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. Kata Kunci dialog socrates goal setting self regulated learning Goal setting merupakan proses menetapkan target yang hendak dicapai oleh peserta didik dalam belajar. Proses menetapkan target diperlukan adanya (1) harapan atau keinginan (2) pertimbangan nilai (3) keterlibatan (4) komitmen (5) motivasi dan (6) pengetahuan reinforcer. Dalam menetapkan target peserta didik dibimbing dan diarahkan menggunakan metode dialog Socrates. Metode dialog socrates merupakan salah satu metode pembelajaran siswa dihadapkan pada suatu deretan pertanyaan sebagai stimulus untuk membangun dialog/diskusi terbimbing guna meningkatkan kemampuan berfikir siswa menganalisis tujuan mendefinisikan tujuan dan mengevaluasi rencana tindakan untuk membangun suatu kesimpulan yang benar sehingga dapat menetapkan suatu keputusan yang tepat. Tujuan penelitian ini mengetahui keefektifan metode dialog socrates untuk meningkatkan kemampuan goal setting siswa SMPN 2 Kalitidu Penelitian ini menggunakan model quasi experimental design karena diarahkan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (metode dialog socrates ) terhadap variabel terikat (goal setting). Desain eksperimen semu yang digunakan adalah pola one group pre test and post test design. Tingkat goal setting yang dimiliki oleh peserta didik diukur menggunakan inventori goal setting yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Subjek penelitian adalah 5 orang siswa SMPN 2 Kalitidu yang memiliki tingkat goal setting sedang. Data penelitian dianalisis dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dialog socrates efektif meningkatkan goal setting siswa SMPN 2 Kalitidu. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan goal setting siswa antara sebelum diberikan treatment dan sesudah diberikan treatment. Pada perhitungan nilai hasil pre test dan post test dengan menggunakan wilcoxon signed-rank diperoleh hasil z -2 032 dan sig (2-tailed) pada 0 042. Hasil Penelitian sig (2-tailed) yaitu 0 042
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2416 |
Actions (login required)
View Item |