Noorfirdaus, Asvita Dwiyulisa (2018) Kajan fenomenologi meaning of life siswa berprestasi suku using di SMP Negeri 2 Glagah Banyuwangi / Asvita Dwiyulisa Noorfirdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Asvita Dwiyulisa Noorfirdaus. 2018. Kajian Fenomenologi Meaning of Life Siswa Berprestasi Suku Using di SMP Negeri 2 Glagah Banyuwangi. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. (II) Yuliati Hotifah S.Psi M.Pd. Kata Kunci suku using meaning of life siswa SMP Penelitian ini terdiri dari dua fokus yaitu pertama mengkaji cerminan siswa berprestasi suku using untuk memenuhi makna hidup (meaning of life) di SMP Negeri 2 Glagah. Tiga nilai yang melandasi makna hidup yaitu nilai-nilai kreatif nilai-nilai penghayatan dan nilai-nilai bersikap. Kedua nilai-nilai budaya Osing yang menjadi dasar pemenuhan makna hidup (meaning of life) siswa berprestasi suku using SMP Negeri 2 Glagah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitaif dengan data analisis dan interprestasinya mengikuti kaidah fenomenologi. Penelitian ini memusatkan pada pemaknaan meaning of life siswa berpretasi berbudaya using. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Glagah. Analisis penelitian ini menggunakan analisis mile huberman dan untuk pengecekan keabsaan data menggunakan tringangulasi data dan triangulasi teknik triangulasi data penelitian bersumber dari hasil wawancara dengan subjek utama sebanyak tujuh siswa teman guru BK dan keluarga sedangkan triangulasi tekniknya berupa wawancara observasi dan studi dokumen. Dengan analisis tersebut diharapkan akan mendapatkan data meaning of life siswa serta nilai-nilai budaya using yang muncul atau mempengaruhi cara siswa dalam mencapai makna hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerminan meaning of life siswa SMP Negeri 2 Glagah dapat dilihat dari tiga aspek yang melandasi meaning of life yaitu nilai kreatif tertuang dalam kreativitas siswa membuat karya seni bertanggungjawab ditunjukkan dengan disiplin dalam mengerjakan tugas dan kewajiban sekolah. Nilai penghayatan dapat dilihat dari sikap siswa melaksanakan ibadah wajib sebagai rasa iman dan takwa mereka selalu mencari hal positif atas kejadian yang dialami serta selalu menjaga sopan dan santun. Nilai bersikap siswa digambarkan dengan sikap mereka dalam mengendalikan emosi ketika menghadapi masalah tidak pernah putus asa dalam berjuang meraih prestasi serta berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Nilai budaya using yang menjadi dasar pemenuhan makna hidup siswa tercermin dalam tiga nilai budaya using yaitu nilai religiusitas siswa berupa melaksanakan ibadah wajib sebagai muslim serta berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan sesuai dengan nilai penghayatan dalam makna hidup. Nilai basanan dalam budaya using memuat banyak pesan moral seperti saling tolong beretika dan menepati janji sesuai dengan nilai bersikap dalam makna hidup. Nilai kepribadian budaya using yang termasuk didalamnya berupa kegigihan rendah hati tahu diri keberanian kesabaran kehematan dan kesungguhan sesuai dengan nilai-nilai kreatif dalam makna hidup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2388 |
Actions (login required)
View Item |