Studi adsorpsi-desorpsi senyawa hidrokarbon pada permukaan adsorben silika-selulosa hibrid / Rizky Septi Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi adsorpsi-desorpsi senyawa hidrokarbon pada permukaan adsorben silika-selulosa hibrid / Rizky Septi Amalia

Amalia, Rizky Septi (2016) Studi adsorpsi-desorpsi senyawa hidrokarbon pada permukaan adsorben silika-selulosa hibrid / Rizky Septi Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia R.S. 2016.Studi Adsorpsi-DesorpsiSenyawaHidrokarbon pada Permukaan AdsorbenSilika-Selulosa Hibrid. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. (II) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu M.Si. Kata Kunci adsorpsi-desorpsi senyawa volatil silika-selulosa hibrid. Silika dari abu sekam padi dan selulosa dari nata de cocodigunakan sebagai bahan dasar pembuatan silika-selulosa hibrid. Adsorben ini dapatdigunakansebagaiagenadsorpsidan desorpsi darisenyawahidrokarbon dalam formulasi atraktan.Tujuan penelitian adalah (1) mengkarakterisasi silika-selulosa hibrid sebagai media adsorbenyang meliputi analisis FTIR SEM dan BET penentuan massa jenis kadar air kadar abu dan daya serap terhadap larutan iod (2) mengetahui gambaran penyerapan dan pelepasan senyawa hidrokarbon (heksana n-heptana n-heksadekana dan campurannya)dilihat dari kromatografi gas spektroskopi massa (GC-MS)dan (3) mengetahui interaksi di permukaan adsorben silika-selulosa hibrid sebagai adsorben senyawa hidrokarbon dilihat dari FTIR. Penelitian ini terdiri atas beberapa tahap yaitu (1) pembuatan adsorben silika-selulosa hibrid (2) karakterisasi adsorben silika-selulosa hibrid (3) penjerapan heksana n-heptana n-heksadekana dan campurannyapada permukaan adsorben silika-selulosa hibrid(4) analisis gambaran penyerapan dan pelepasan senyawa hekasana n-heptana n-heksadekanadan campurannya dengan GC-MS dan (5) analisis interaksi di permukaan hasil penjerapan heksana n-heptana n-heksadekana dan campurannya dengan FTIR. Hasil penelitianyang diperoleh (1) silika-selulosa hibrid dapat digunakan sebagai adsorben senyawa hidrokarbondengan karakterisasi yang telah dilakukan meliputi analisis FTIR SEM dan BET kadar air kadar abu massa jenis dan daya serap terhadap larutan iod (2) senyawa campuranhidrokarbon yang dijerapkan pada adsorben silika-selulosa hibrid pada waktu penjerapan 1 minggu komponen terdesorpsi adalah n-heksadekana dan (3) proses adsorpsi senyawa hidrokarbon oleh adsorben silika-selulosa hibrid ditandai dengan pelebaran puncak spektra FTIR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23863

Actions (login required)

View Item View Item