Rosyida, Sukma (2015) Pengaruh penggunaan media audio visual pada pembelajaran materi larutan penyangga dengan strategi problem posing terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Kota Batu / Sukma Rosyida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rosyida Sukma. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual padaPembelajaranMateriLarutanPenyanggadenganStrategi Problem Posing terhadap MotivasiBelajar dan HasilBelajar Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Batu. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Munzil S.Pd. M.Si (2) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. Kata Kunci media audio visual Problem Posing motivasi belajar hasil belajar larutan penyangga. Larutan penyangga memuat konsep faktual dan konsep-konsep abstrak yang mayoritas siswa mengalami kesulitan dalam menguasai materi. Hal tersebut dikarenakan metode konvensional lebih banyak diterapkan sehingga pemahaman siswa rendah. Paradigma pembelajaran konstruktivisme dimana proses pembelajaran berpusat pada siswamengharuskan siswa untuk diberi kesempatan untuk mengkonstruk pengetahuannya secara mandiri. Hal itu dapat dilakukan dengan strategi pembelajaran Problem Posing. Selain itu pemahaman materi larutan penyangga yang mencakup aspek makroskopik submikroskopik dan simbolik secara utuh membutuhkan alat bantu yang mampu menjelaskan tiga aspek tersebut salah satunya adalah dengan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasibelajardanhasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media audio visual padapembelajaranmaterilarutanpenyanggadenganstrategi Problem Posing dengan siswa yang dibelajarkandengan strategi Problem Posing tanpa menggunakan media audio visual pada pembelajaranmateri larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Kota Batu. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang ditentukan secara purposiverandom samplingdengannilaisignifikansi 0 217. Pada kelas kontrol dibelajarkan dengan Problem Posingtanpamenggunakan media audio visual sedangkan kelas eksperimen dibelajarkan dengan Problem Posingmenggunakan media audio visual. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa silabus RPP LKS beserta rubrik penilaian dan instrumen pengukuran berupa tes kemampuan kognitif yang terdiri dari 25 butir soal dan angket motivasi belajar. Hasilvalidasiuntuksemuainstrumenperlakuanmemenuhikriteriabaiksedangkanangketmotivasimemenuhikriteriasangatbaik. Analisis data motivasi belajar dan hasil belajar dilakukan menggunakan uji-U Mann Whitney dengan bantuan program SPSS 21.0 forWindows pada taraf signifikansi 0 5. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa (1) Terdapat perbedaanmotivasi belajarsiswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Posingmenggunakan media audio visual padamaterilarutanpenyangga. Siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Posingmenggunakan media audio visual memperoleh rata-rata motivasibelajarsebesar 79 8 (kriteriatermotivasi)lebihtinggidibandingsiswa yang dibelajarkandenganProblem Posingtanpamenggunakan media audio visual dengan rata-rata motivasibelajarsebesar72 6 (kriteriatermotivasi). (2) Terdapatperbedaanhasilbelajar kognitifantarasiswa yang dibelajarkan dengan Problem Posingmenggunakan media audio visualdengan rata-rata hasilbelajarkognitifsebesar 74 2 (kriteriacukup) lebihtinggidibandingkandenganrata-ratahasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Problem Posingtanpamenggunakan media audio visual yaitu 58 6 (kriteriakurang).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23828 |
Actions (login required)
View Item |