Kusumaningsih, Febri Tyas (2015) Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dan inkuiri terbimbing kolaboratif kelas X SMA Negeri 1 Batu pada materi reaksi redoks / Febri Tyas Kusumaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusumaningsih Febri T. 2015. PerbedaanHasilBelajarSiswa Yang DibelajarkanDenganModelInkuiriTerbimbing Dan InkuiriTerbimbingKolaboratifKelas X SMANegeri 2 BatuPadaMateriReaksiRedoks.Skripsi Jurusan Kimia FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs.RidwanJoharmawan M.Si (II) Dr.AmanSantoso M.Si. Kata Kunci InkuiriTerbimbing Kolaboratif HasilBelajar ReaksiRedoks. Reaksiredoksmemuatkonsepfaktualdankonsep-konsepabstrak yang mayoritassiswamengalamikesulitandalammenguasaimateri. Berdasarkanbeberapapenelitiansebelumnya inkuiriterbimbingdapatmemberikanpengaruhterhadaphasilbelajarkognitifdanafektifsiswapadamaterireaksiredoks. Keterbatasanpembelajaraninkuiriterbimbingyaitukadangmembutuhkanwaktu yang lebih lama sedangkanwaktu guru terbatas selainitukemampuansiswadalammemahamimaterimungkinsajaberbeda untukmengatasimasalah-masalahtersebutditerapkanpembelajarankolaboratif. Padapembelajarankolaboratif siswadiberikesempatanbelajarsesuaikemampuannya sehinggadalampembelajarankolaboratifdiawalidengankegiatanindividu kemudiankegiatankelompok dandilanjutkandengankegiatanindividu. Kolaborasiantarsiswamemungkinkansiswaberinteraksidalamkelompoknya. Tujuanpenelitianiniyaitu (1)membedakanhasilbelajarkognitifsiswa yang dibelajarkandenganinkuiriterbimbingdaninkuiriterbimbingkolaboratifpadamaterireaksiredoks. (2)membandingkanhasilbelajarafektifdanpsikomotorsiswayang dibelajarkandenganinkuiriterbimbingdaninkuiriterbimbingkolaboratifpadamaterireaksiredoks. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu (quasy experimental design). Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas X SMA Negeri 2 Batu. Penentuansampeldilakukansecaracluster random sampling.Padakelaskontroldibelajarkandenganinkuiriterbimbing sedangkankelaseksperimendibelajarkandenganinkuiriterbimbingkolaboratif. Instrumen yang digunakanadalahinstrumenperlakuanberupasilabus RPP handout dan LKS daninstrumenpengukuranberupalembarobservasidanteskemampuankognitifsebanyak 25 butirsoaldenganreliabilitas0 922. Padapenelitianinidiperolehdata lembarketerlaksanaan proses pembelajaran hasilbelajarafektif danhasilbelajarketrampilan yang dianalisissecaradeskriptif sedangkandata hasilbelajarkognitifdianalisisstatistikkuantitatifberupauji t padasignifikansi 0 05. Berdasarkanhasilpenelitian diperolehhasilbahwa(1)terdapatperbedaanyang signifikanantarahasilbelajarkognitifsiswa yang dibelajarkandenganmodelinkuiriterbimbingdaninkuiriterbimbingkolaboratifpadamaterireaksiredoks. Siswa yang dibelajarkandenganmodelinkuiriterbimbingmemperoleh rata-rata hasilbelajarsebesar 72 12sedangkansiswa yang dibelajarkandenganmodelinkuiriterbimbingkolaboratifmemperoleh rata-rata hasilbelajarsebesar 77 42 (2)hasilbelajarafektifsiswa yang dibelajarkandenganinkuiriterbimbingkolaboratifadalah92 94 dengankriteriasangatbaik sedanganhasilbelajarafektifsiswa yang dibelajarkandenganinkuiriterbimbingadalah90 05 dengankriteriasangatbaik.Hasilbelajarpsikomotorsiswa yang dibelajarkandenganinkuiriterbimbingkolaboratifadalah93 86dengankriteriasangatbaik sedangkanhasilbelajarpsikomotorsiswa yang dibelajarkandenganinkuiriterbimbingadalah92 87 dengankriteriasangatbaik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23798 |
Actions (login required)
View Item |