Fatmawati, Erna Diah (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi larutan asam basa untuk SMA/MA kelas XI semester 2 / Erna Diah Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fatmawati E.Diah. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Larutan Asam dan Basa Untuk SMA/MA Kelas XI Semester II. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Darsono Sigit M.Pd (II) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran pendekatan saintifik. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu pemerintah melakukan perubahan dan pengembangan terhadap kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 agar dihasilkan masyarakat Indonesia yang produktif kreatif inovatif dan afektif melalui penguatan sikap keterampilan dan pengetahuan. Perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 adalah perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Kondisi yang ada saat ini adalah kurangnya pemanfaatan dan ketersediaan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Oleh karena itu peneliti mengembangkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Langkah-langkah yang dilakukan pada pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada langkah pengembangan Dick Carey. Langkah pengembangan Dick Carey yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum melakukan analisis materi pembelajaran mengidentifikasi kemampuan awal siswa menuliskan pengalaman belajar mengembangkan tes pengukur keberhasilan berbasis kriteria mengembangkan strategi pembelajaran mengembangkan produk melaksanakan evaluasi formatif dan melakukan revisi. Desain validasi yang digunakan dalam pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaanya dievaluasi oleh validator. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Analisis persentase merupakan teknik perhitungan persentase untuk mengetahui tingkat validitas dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Produk hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus RPP buku guru dan buku siswa . Silabus dan RPP yang dikembangkan hampir sama dengan silabus dan RPP pada umumnya akan tetapi perbedaannya terdapat pada bagian kegiatan pembelajaran yang mencakup tahap 5M. Buku guru yang dikembangkan merupakan panduan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang sesuai dengan kurikulum 2013. Buku siswa yang dikembangkan disesuaikan dengan pendekatan saintifik yang mencakup tahap 5 M (mengamati menanya menalar dan mencoba menyimpulkan serta mengkomunikasikan) yang harus dilakukan oleh siswa untuk memahami materi pembelajaran. Validasi produk dilakukan oleh tiga validator dan diperoleh persentase kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 96 51% dengan kriteria valid/baik/layak. Berdasarkan analisis kelemahan perangkat pembelajaran yang dikembangkan maka saran yang perlu diperhatikan yaitu perlu dilakukan uji coba perangkat pembelajaran untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23780 |
Actions (login required)
View Item |