Perbedaan hasil belajar kimia materi hidrolisis garam siswa SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing kolaboratif dan non kolaboratif tahun pelajaran 2012-2013 / Eprysca Noviasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar kimia materi hidrolisis garam siswa SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing kolaboratif dan non kolaboratif tahun pelajaran 2012-2013 / Eprysca Noviasari

Noviasari, Eprysca (2013) Perbedaan hasil belajar kimia materi hidrolisis garam siswa SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing kolaboratif dan non kolaboratif tahun pelajaran 2012-2013 / Eprysca Noviasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Noviasari Eprysca. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Kimia Materi Hidrolisis Garam Siswa SMAN 1 Rejotangan Tulungagung yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kolaboratif dan Non-Kolaboratif Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ridwan Joharmawan M.Si. (2) Dr. Yudhi Utomo M.Si. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Kolaboratif Hasil Belajar. 12288 12288 12288 Hasil belajar kimia materi hidrolisis garam di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung selama tahun pelajaran 2010-2011 dan 2011-2012 berturut-turut hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam adalah 46 5 dan 48 0. Angka ini jauh dari standar ketuntasan minimal (SKM) di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung pada mata pelajaran kimia yaitu 70 0. Untuk meningkatkan hasil belajar diperlukan inovasi dan kreatifitas guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran kimia. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing kolaboratif. Model pembelajaran inkuiri terbimbing kolaboratif merupakan gabungan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran kolaboratif. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 5 kelas mulai dari XI IPA 1 sampai XI IPA 5. Penentuan kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing kolaboratif dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan (silabus dan RPP) dan instrumen pengukuran (tes hasil belajar dan lembar observasi). Instrumen pengukuran dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Terdapat 20 soal yang memenuhi syarat digunakan sebagai instrument pengukuran. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif berupa uji hipotesis (uji t) dengan signifikansi 945 0 05. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for Window. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kolaboratif lebih tinggi non kolaboratif. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas ekperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yaitu 61 03 dan 48 62. penelitian ini menyarankan digunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing kolaboratif untuk materi hidrolisis garam pada pembelajaran berikutnya di sekolah.dan mengkaji pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing kolaboratif terhadap variabel yang lainnya misalnya pada motivasi belajar pemahaman konsep perbedaan sikap siswa dan kemampuan berpikir tingkat tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23740

Actions (login required)

View Item View Item