Kemampuan isolat actinobacillus sp indigen dalam mendegradasi rhodamin B / Afnia Alfiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan isolat actinobacillus sp indigen dalam mendegradasi rhodamin B / Afnia Alfiyanti

Alfiyanti, Afnia (2013) Kemampuan isolat actinobacillus sp indigen dalam mendegradasi rhodamin B / Afnia Alfiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci biodegradasi Actinobacillus sp Rhodamin B inokulum. Biodegradasi merupakan proses penguraian senyawa secara biologi dalam kondisi terkendali menggunakan agen biologi (mikroba). Salah satu bahan pencemar yang dijumpai dalam industri tekstil adalah Rhodamin B. Actinobacillus sp merupakan bakteri yang dapat mendegradasi senyawa aromatik (fenol). Seperti halnya fenol Rhodamin B adalah senyawa aromatik sehingga bakteri Actinobacillus sp diperkirakan mampu mendegradasi Rhodamin B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bakteri Actinobacillus sp dalam mendegradasi Rhodamin B. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia dan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang dengan tahapan penelitian (1) penentuan fase pertumbuhan dan fase stasioner isolat bakteri (2) uji kemampuan biodegradasi Rhodamin B menggunakan inokulum bakteri pada fase pertumbuhan dan fase stasioner dan (3) analisis senyawa hasil biodegradasi Rhodamin B berdasarkan perubahan puncak absorbansi pada panjang gelombang tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Actinobacillus sp memiliki fase pertumbuhan pada jam ke 0 hingga jam ke 20 fase stationer setelah jam ke 20 hingga jam ke 30 (2) inokulum fase pertumbuhan (6 jam) maupun inokulum fase stasioner (20 jam) bakteri Actinobacillus sp menghasilkan daya biodegradasi yang hampir sama terhadap Rhodamin B akan tetapi pada densitas sel yang sama biodegradasinya lebih efektif (lebih besar 4 kali) jika menggunakan konsentrasi 50 ppm dibandingkan jika menggunakan konsentrasi 10 ppm dan (3) bakteri Actinobacillus sp mampu mendegradasi Rhodamin B menjadi senyawa lain yang ditunjukkan dengan perbedaan persentase pada puncak absorbansi pada 512 dan 553 5 nm sebelum dan setelah biodegradasi selama 40 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23708

Actions (login required)

View Item View Item