Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari Co(II) dengan ligan isokuinolina dan anion oksalat / Yuski Sudana - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari Co(II) dengan ligan isokuinolina dan anion oksalat / Yuski Sudana

Sudana, Yuski (2013) Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari Co(II) dengan ligan isokuinolina dan anion oksalat / Yuski Sudana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci senyawa kompleks kobalt isokuinolina oksalat. Co(II) merupakan salah satu ion logam transisi yang dapat membentuk senyawa kompleks dengan ligan nitrogen. Salah satu ligan tersebut adalah isokuinolina. Ligan isokuinolina dapat dipadukan dengan anion oksalat yang dapat bertindak sebagai ligan bidentat maupun sebagai ligan jembatan. Penelitian senyawa kompleks Co(II) dengan ligan isokuinolina dan anion oksalat belum pernah dilaporkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mensintesis dan mengkarakterisasi senyawa kompleks dari garam Co(NO3)2.6H2O dengan ligan isokuinolina dan anion oksalat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang meliputi sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks. Sintesis senyawa kompleks dilakukan dengan mereaksikan larutan garam Co(NO3)2.6 H2O dengan ligan isokuinolina dan anion oksalat dengan 3 harga perbandingan mol yaitu 1 2 1 1 2 2 dan 1 4 1 dalam pelarut etanol. Kristalisasi dilakukan dengan penguapan perlahan pada suhu kamar. Karakterisasi senyawa kompleks hasil sintesis meliputi uji titik lebur uji SEM-EDAX uji kualitatif anion nitrat uji kualitatif anion oksalat dan uji daya hantar listrik. Kristal senyawa kompleks berwarna merah tua terbentuk melalui penguapan secara perlahan selama 30 hari. Berdasarkan hasil EDAX senyawa kompleks hasil sintesis mengandung ion Co(II) isokuinolina dan ion oksalat dengan perbandingan jumlah mol masing- masing sebesar 1 2 1. Berdasarkan hasil uji daya hantar listrik diperoleh bahwa senyawa kompleks tersebut merupakan senyawa kompleks molekuler. Pengujian ion oksalat menunjukkan bahwa ion tersebut merupakan ligan. Dari hasil karakterisasi tersebut diprediksi senyawa kompleks hasil sintesis memiliki rumus molekul [Co(C9H7N)2(C2O4)] dengan geometri oktahedral .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item View Item