Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari zink ionida dengan ligan etilenatiourea / Viona Rosa Ariesmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari zink ionida dengan ligan etilenatiourea / Viona Rosa Ariesmawati

Ariesmawati, Viona Rosa (2012) Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari zink ionida dengan ligan etilenatiourea / Viona Rosa Ariesmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kompleks Zink(II) etilenatiourea atom donor Sintesis senyawa kompleks melibatkan pembentukan ikatan kovalen koordinasi antara atom pusat dan ligan. Salah satu atom pusat yang digunakan dalam sintesis senyawa kompleks adalah ion zink(II). Zink(II) merupakan ion logam sel tertutup (closed shell) karena memiliki orbital d yang penuh terisi elektron. [Zn(SC(NH2)2)3]SO4 merupakan senyawa kompleks dari zink(II) dengan ligan tiourea yang telah disintesis dan dilaporkan hasilnya. Senyawa kompleks dengan atom pusat zink(II) dari garam zink iodida dan ligan etilenatiourea (etu) belum pernah disintesis. Tujuan penelitian adalah mensintesis dan mengetahui struktur senyawa kompleks yang dihasilkan melalui reaksi antara zink iodida dengan ligan etilenatiourea pada perbandingan stoikiometri 1 2 dan 1 4. Penelitian merupakan eksperimental laboratorium yang terdiri dari dua tahap yaitu sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks. Tahap sintesis diawali dengan sintesis zink iodida sebagai atom pusat kemudian dilanjutkan dengan sintesis senyawa kompleks. Tahap sintesis dilakukan melalui metode reaksi langsung dalam pelarut asetonitril dan digetarkan dengan bak ultrasonik. Senyawa kompleks hasil sintesis dikarakterisasi melalui (1) uji titik lebur (2) uji daya hantar listrik (DHL) (3) uji kualitatif ion iodida dan (4) analisis SEM-EDX. Struktur senyawa kompleks diprediksi berdasarkan hasil analisis EDX dan energi bebasnya dihitung menggunakan software Hyperchem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sintesis senyawa kompleks dari zink iodida dengan ligan etilenatiourea pada perbandingan stoikiometri 1 2 dan 1 4 dapat dilakukan melalui metode reaksi langsung dalam pelarut asetonitril. Kedua senyawa kompleks hasil sintesis memiliki struktur yang sama dengan rumus molekul [ZnI2(etu)2].

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23618

Actions (login required)

View Item View Item