Pratiwidyani, Linda Januar (2012) Pengaruh variasi konsentrasi asam klorida pada aktivasi zeolit-Fe terhadap kemampuannya sebagai adsorben emisi gas buang sepeda motor bensin 4 langkah / Linda Januar Pratiwidyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Zeolit Adsorben Emisi Gas Buang Peningkatan jumlah penduduk mendorong peningkatan kebutuhan manusia terhadap alat transportasi berupa sepeda motor. Peningkatan pengguna sepeda motor setiap tahunnya sangat pesat sehingga berimbas semakin tingginya polutan akibat sisa pembakaran yang tidak sempurna. Standarisasi pemerintah tentang ambang batas gas buang knalpot pada sepeda motor masih belum berdampak mengurangi polusi udara sehingga perlu ada penambahan adsorben. Bahan adsorben yang murah dan mudah ditemui adalah zeolit. Zeolit alam banyak dimanfaatkan sebagai adsorben katalis penyaring molekuler dan penukar ion yang dipengaruhi oleh jumlah situs aktif kristalinitas dan ukuran pori. Untuk meningkatkan kemampuan zeolit alam dilakukan proses aktivasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi HCl pada aktivasi zeolit alam Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang terhadap kemampuannya menjadi adsorben emisi gas buang pada sepeda motor. Penelitian bersifat eksperimen yang dilakukan di Laboratorium Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang Laboratorium Otomotif VEDC malang dan laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Universitas Brawijaya Malang. Penelitian terdiri dari lima tahap yaitu (1) tahap persiapan sampel (2) tahap aktivasi zeolit alam (3) tahap impregnasi (4)tahap uji rasio Si/Al (4) Uji jumlah situs aktif dan (5) Uji kemampuan adsorpsi. Zeolit alam yang digunakan berasal dari Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang dengan ukuran pori 100-120 mesh. Proses aktivasi zeolit alam dilakukan secara kimia dan fisika. Proses aktivasi zeolit alam secara kimia dilakukan dengan mereaksikan zeolit alam dengan asam yaitu HF 1% dan memvariasikan konsentrasi HCl 6 M 8 M 10 M serta garam NH4NO3 1 M. Proses aktivasi zeolit alam secara fisika dilakukan dengan suhu kalsinasi 750 C selama 5 jam. Kemudian diimpregnasi dengan menggunakan larutan FeCl3.6H2O. Sampel diuji jumlah situs aktif yang dilakukan dengan mengukur keasaman padatan total zeolit uji rasio Si/Al dan uji kemampuan adsorpsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah situs aktif paling tinggi rasio Si/Al paling tinggi kemampuan adsorpsi emisi gas buang sepeda motor paling tinggi pada sampel Z-Fe-10. Jadi aktivasi sampel zeolit dengan konsentrasi HCl 10 M merupakan proses yang paling optimum untuk mengaktivasi zeolit alam. Pada uji adsorpsi knalpot modifikasi dengan penambahan adsorben zeolit ini terbukti memenuhi standarisasi kelayakan performa 1150 rpm tingkat kebisingan 83 4 dB konsumsi bbm 0 5liter/40 8km dan mengadsopsi emisi gas CO sebesar 60 69 % gas CO2 sebesar 57 27 % gas hidrokarbon sebesar 10 14 %.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23603 |
Actions (login required)
View Item |